Mengenal Lebih Dekat Teknologi NFC Smartphone

Monday, November 21st 2016. | Blog
Sponsored Links

NFC_02

Sudah pernahkah kamu melihat tayangan di film, serial drama atau mungkin sinetron yang menayangkan pengguna smartphone menyentuhkan smartphonenya ke perangkat yang lain untuk memutar music pada device lain sehingga suara yang muncul akan terdengar dari speaker perangkat yang lain?

Jika sudah pernah melihatnya, inilah kegunaan teknologi dari NFC. Ingin tahu apa itu NFC? Mari mengenal lebih dekat teknologi NFC.

NFC atau Near Field Communication merupakan teknologi terkini untuk mengkoneksikan beberapa perangkat yang memiliki teknologi NFC pula dan agar perangkat – perangkat tersebut bisa tersambung maka harus disentuhkan atau didekatkan satu sama lain.

Salah satu Negara yang sudah menggunakan teknologi NFC adalah Australia. Di Negara tersebut terdapat bioskop yang memanfaatkan teknologi NFC untuk memudahkan penonton bioskop untuk membeli makanan ringan. Dengan memanfaatkan smartphone yang menggunakan teknologi NFC dan aplikasi untuk memesan makanan, penonton tinggal mentap smartphonenya ke lengan kursi penonton secara otomatis pesanan kamu akan masuk dan diantar langsung ke tempat dudukmu.NFC_04

Iklan salah satu ponsel pintar juga menampilkan kehebatan teknologi NFC dimana salah satu pemeranya mendengarkan music kemudian pengguna smartphone yang lain menyentuhkan smartphonenya ke pengguna tersebut dan secara otomatis lagu yang didengarkan oleh pengguna smartphone yang lain berubah menjadi lagu yang sesuai dengan lagu di ponsel yang disentuhkan tersebut. Sangat bermanfaat juga untuk menyatakan cinta lewat lagu seperti halnya yang ditampilkan pada iklan ponsel tersebut.

Teknologi NFC ini juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan yang lain seperti:NFC

  • Menyesuaikan alarm smartphone
  • Masuk ke aplikasi tertentu
  • Mengaktifkan Bluetooth atau WiFi
  • Mengaktifkan mode senyap dengan mentap smartphone pada NFC tag yang dipasang di pintu ruang rapat atau pertemuan yang menuntut ketenangan
  • Membuka pintu yang sudah terproteksi dengan teknologi NFC, tinggal menyentuhkan ponsel di dekat pintu tersebut maka secara otomatis pintu tersebut akan terbuka

Dan masih banyak lagi contoh pemanfaatan teknologi NFC untuk kehidupan sehari – hari. Teknologi ini digadang – gadang bakalan menggantikan teknologi infra merah atau Bluetooth yang selama ini masih sering juga digunakan di smartphone untuk mengkoneksikan dengan perangkat yang lain.

tags: , ,

Related For Mengenal Lebih Dekat Teknologi NFC Smartphone