Mengenal UPS dan Fungsinya

Saturday, October 15th 2016. | Hardware
Sponsored Links

Uninterruptible power supply atau juga disebut dengan UPS merupakan alat untuk mem-back up asupan listrik ke PC. Listrik yang mengalir ke PC ditampung dulu di perangkat ini, sehingga jika suatu waktu mati listrik PC tidak langsung mati namun masih memiliki tenaga dari perangkat tersebut. Sebenarnya Uninterruptible power supply ini hampir sama fungsinya dengan baterai pada laptop yang menyimpan tenaga untuk mensuplay-nya ke laptop. Jika terdapat tegangan listrik Uninterruptible power supply ini hanya menjga kestabilan arus listrik yang masuk ke dalam PC agar PC menjadi lebih awet. Begitu arus listrik terputus atau mati listrik, PC tetap menyala hingga beberapa waktu sesuai dengan kakuatan Uninterruptible power supply itu sendiri.

UPS

UPS

Uninterruptible power supply ini dalam perkembangannya memiliki beberapa tipe, yaitu tipe SPS atau disebut juga dengan Stanby Power System. Tipe SPS ini sendiri menjaga arus yang masuk kedalam PC menjadi sebuah mode baterai yang dapat berfungsi ketika listrik bermasalah atau mati. Sedangkan tipe yang kedua adalah On Line UPS, dimana jenis Uninterruptible power supply ini tidak mengalirkan listrik disaat listrik mati, dan maka Uninterruptible power supply ini akan tetap mengalirkan listrik walaupun sumber listrik tersebut tidak mati. Sebenrnya apa saja fungsi utama dari Uninterruptible power supply ini?

Fungsi dari UPS itu sendiri yang pertama adalah untuk memberikan tenaga atau energi listrik yang bersifat sementara ketika ada terjadi sebuah kegagalan daya yang ada pada listrik utama. Fungsi yang kedua adalah dapat memberikan waktu jeda sesaat setelah listrik utama mati untuk para pengguna PC untuk menyimpan file mereka dan mematikan PC secara benar agar tidak mudah rusak, dengan begitu maka akan menjaga keawetan dari PC. Fungsi yang ketiga adalah mampu mengamankan sistem di komputer anda dari gangguan listrik yang mungkin saja dapat membuat gangguan pada sistem PC anda yang berupa kerusakan hardware maupun software. Uninterruptible power supply ini memberikan kestabilan pada tegangan yang masuk PC sehingga lebih aman menjaga PC anda dari kerusakan.

Melihat fungsi di atas, apakah sebenarnya UPS ini hanya berfungsi sebagai penstabil listrik dan penyimpan daya saat listrik mati saja? Tentunya tidak. Ada fungsi lain yang membuat Uninterruptible power supply ini sangat berguna untuk PC anda. Uninterruptible power supply ini juga mampu melakukan management terhadap diri mereka sendiri dan mendiagnosanya, sehingga akan memudahkan para pengguna untuk dapat mengantisipasi jika terjadi pada gangguan sistemnya. Uninterruptible power supply ini juga mampu diintegrasikan pada jaringan internet. Pemilik juga mampu mengontrol Uninterruptible power supply ini melalui jaringan LAN yaitu dengan menambahkan beberapa aksesoris yang mungkin saja diperlukan.

Uninterruptible power supply ini juga sangat mudah untuk di instal sehingga tidak akan membuat anda menjadi ribet saat ingin menggunakannya. Biasanya yang menggunakan Uninterruptible power supply ini adalah perkantoran dan sekolahan untuk menjaga data yang mereka kerjakan serta menjaga keawetan setiap PC yang ada. UPS ini sendiri ada yang terbilang murah, yaitu pada tipe stanby yang memang kecil perangkatnya. Kemudian Uninterruptible power supply ini juga ada yang mahal yang biasanya mampu menjaga beberapa perangkat pada sebuah Uninterruptible power supply saja. Dan biasanya Uninterruptible power supply dengan tipe on line ini digunakan pada perkantoran dan pemerintahan yang mempunyai kemampuan yang lebih besar.

UPS

UPS

tags: , ,

Related For Mengenal UPS dan Fungsinya