Mengenali Definisi dan Keunggulan serta Kelemahan yang terdapat padaTopologi Ring

Friday, July 24th 2015. | Internet, Jaringan
Sponsored Links

Disini ane tidak hanya sekedar menjelaskan tentang Topologi Bus ataupun Topologi star, namun topologi-topologi yang lain juga masih banyak yang harus dijelaskan, dan kali ini ane akan bahas tentang jenis topologi yang lain serta penjabarannya yaitu Mengenali Definisi dan Keunggulan serta Kelemahan yang terdapat padaTopologi Ring

Dan disini ane akan jelasih sejelas-jelasnya tentang apa sih artikel ane berjudul “Mengenali Definisi dan Keunggulan serta Kelemahan yang terdapat padaTopologi Ring”. Biar ngga terlalu banyak pertanyaan yang ada. Yaudah langsung aja ke materinya.

Jaringan Topologi Ring

Jaringan Topologi Ring

Apa sih yang dimaksud Topologi Ring?
Ring? Ring merupakan terjemahan bahasa inggris dari Cincin. Mengapa dinamakan Topologi Ring alias cincin? Karena jaringan yang terhubung itu semua membentuk seperti lingkaran atau cincin.

Dan artikel berjudul Mengenali Definisi dan Keunggulan serta Kelemahan yang terdapat padaTopologi Ring akan memperdalami tentang pengertian dari Topologi Ring sendiri, arti dari topologi Ring : merupakan sebuah jaringan yang tersambung dengan cara jaringan yang terhubung tersebut membentuk sebuah rangkaian yang terbentuk menyerupai lingkaran, yang mana rangkaian jaringan titik tersebut tersambung pada dua titik yang lainnya. Sehingga alhasil rangkaian-rangkaian tersebut membentuk jalur yang berbentuk menyerupai atau seperti lingkaran/ cincin. Dan titik atau node yang ada pada Topologi Ring itu juga memiliki fungsi tersendiri yaitu sebagai repeater, yang mana dia akan menguatkan sinyal yang terdapat pada sepanjang sirkulasinya. Yaitu artinya terdapat saling kerjasama yang dilakukan antara masing-masing perangkat, yang tujuan dari kerjasama tersebut adalah sebagai penerima sinyal yang didapat dari perangkat sebelumnya, yang kemudian dilanjutkan atau diteruskan ke perangkat sesudahnya.

Nah, perangkat yang bertugas sebagai proses untuk menerima dan melanjutkan sinyal data tersebut, itu dibantu dengan TOKEN. Dan token itu sendiri merupakan perangkat yang berisi suatu informasi yang bersamaan dengan suatu data, yang mana itu berasal dari computer sumber.

Keunggulan yang dimiliki Topologi Ring :

a. Sama dengan Topologi Bus, Topologi Ring ini juga hemat kabel.
b. Pada Topologi Ring ini juga tidak aka nada yang namanya tabrakan pengiriman data, atau dengan kata lain adalah collision. Karena pada saat satu node mengirimkan data, hanya bisa terjadi dalam satu waktu.
c. dan pada Topologi Ring, sebuah pelacakan ataupun proses pengisolasian kesalahan akan mudah dilakukan, apalagi dengan menggunakan konfigurasi system point to point.
d. performa yang dimiliki Topologi Ring, itu lebih bagus dari pada Topologi Bus, sekalipun pada saat pengiriman data yang berat.
e. Dll..

Kelemahan pada Topologi Ring :

a. pada Topologi Ring ini sifatnya sangat peka tehadap kesalahan, maksudnya apabila terjadi problem di sebuah node, maka semua jaringan yang terhubung dengan Topologi Ring juga akan ikut terganggu. Dan cara penyelesainnya yaitu dengan cara member dual ring atau cincin ganda.
b. jenis tipologi ini sangat sulit untuk melakukan konfigurasi ulang dari pada Topologi star.
c
. apabila terjadi penambahan ataupun pegurangan pada computer, yang terjadi adalah berpengaruh pada seluruh jaringan, atau dengan kata lain, mengacaukan jaringan.
d
. apabila terjadi problem atau masalah pada Topologi Ring, maka jaringan yang ada pada Topologi Ring akan sulit untuk diatasi.

Sudahan dulu yah artikel yang ane buat dengan judul artikel ” Mengenali Definisi dan Keunggulan serta Kelemahan yang terdapat padaTopologi Ring”. Yaah semoga saja dapat dimanfaatkan untuk pengembangan ilmu pengetahuan tentang kekomputeran, dan bisa menjadi tambahan wawasan untuk kalian yang membacanya.

Incoming search terms:

  • gambar topologi ring
tags: , , , ,

Related For Mengenali Definisi dan Keunggulan serta Kelemahan yang terdapat padaTopologi Ring