Mengenali gejala dini komputer terinfeksi virus

Saturday, April 1st 2017. | Blog, Komputer, Tutorial
Sponsored Links

Dewasa ini komputer seakan sudah menjadi salah satu alat yang tidak bisa dijauhkan dari kita. Nilai guna baik secara ekonomis untuk bisnis atau untuk informasi membuat komputer semakin sulit untuk dipisahkan dari kita. Seakan komputer menjadi istri kedua atau sahabat sejati yang selalu setia menemani setiap jengkal kehidupan. Perannya begitu penting untuk menyambungkan kita dengan peradaban modern saat ini. Hampir disemua alat-alat modern saat ini semuanya berbasis komputer. Di kantor yang dulu masih menggunakan mesin ketik manual sekarang ini sudah beralih menggunakan komputer. Di perusahaan-perusahaan besar yang dulu dikerjakan oleh tenaga manusia kini juga sudah menggunakan teknologi komputer dan membuat produksi lebih cepat, akurat dan pasti lebih murah karena tidak memerlukan tenaga manusia yang banyak dan bisa selesai dalam waktu yang singkat.

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi semakin memudahkan kita untuk berkirim pesan tulisan atau gambar kemanapun dan kapanpun seakan tidak ada sekat yang mempersulit kita dalam berkomunikasi dengan dunia luar. Perkembangan media social sebagai salah satu contohnya. Kalau dulu email yang menjadi satu-satunya media berkirim pesan lewat internet kini media social seperti facebook, twitter, patch, instagram dan yang paling popular saat ini yaitu Blackberry meseenger atau BBM telah menjadi media penyampai pesan yang paling digemari. Berkat kemajuan dibidang komunikasi ini kita bisa lebih mudah berkirim pesan dalam waktu yang jauh lebih cepat dan mudah. Tidak perlu jauh-jauh repot mengantri di kantor pos untuk mengirim surat. Dan juga tidak perlu lama-lama lagi menunggu surat balasan. Kini semua tinggal sekali klik sudah bisa terkirim.

Mengenali Virus Komputer

Mengenali Virus Komputer

Namun kemudahan-kemudahan yang ditawarkan tersebut, ternyata juga membawa dampak yang tidak baik. Beberapa orang justru malah memanfaatkan kemudahan ini untuk melakukan hal-hal yang mengancam keamanan orang lain. Mereka membuat dan mengambangkan program yang bisa mengancam keamanan sistem dan privasi pengguna komputer. Program seperti ini biasa disebut dengan virus komputer. kenapa progam ini diberi naman “virus” dan bukan nama yang lain, bukanya istilah virus ini diperuntukan untuk manusia dan makhluk hidup lainya, lalu apa korelasinya dengan virus yang menyerang makhluk hidup?

Virus komputer adalah program atau aplikasi komputer yang bisa berjalan tanpa sepengetahuan kita dan bisa menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan duplikatnya sendiri ke dalam proram-program atau file yang ada di dalam komputer. jadi virus ini sifatnya merusak software atau perangkat lunak yang ada di dalam komputer seperti operating sistemnya atau aplikasi-aplikasi yang tersimpan dan telah terinstal. Virus komputer ini secara langsung tidak menyerang perangkat keras atau pun bahkan merusak perangkat tersebut namun di beberapa kasus yang terjadi ada juga komputer yang rusak komponen perangkat kerasnya setelah komputer tersebut terinfeksi virus. Hal ini bisa terjadi karena virus yang begitu aktif didalam komputer yang sedang berjalan memaksa program mengalami over process yang berdampak pada beberapa perangkat tertentu untuk bekerja melewati batas kemampuannya. Dan akhirnya jika komponen tersebut tidak mampu memuatnya maka lama kelamaan komponen tersebut juga akan menurun performanya bahkan bisa mengalami kerusakan. Satu contoh ram yang berukuran 1 giga bila dipaksakan untuk mengangkat aplikasi yang berat atau aplikasi yang ringan namun banyak program yang berjalan dibelakang atau multi tasking maka komputer akan menjadi lemot atau ngadat hingga akhirnya mengalami crash dan yang sering terjadi komputer sering restart sendiri.

Virus komputer dianalogikan seperti virus yang menyerang makhluk hidup. Virus yang menjangkiti makhluk hidup biasanya bisa menyisipkan dirinya sendiri ke sel yang sehat hingga akhirnya sel-sel tersebut terinfeksi. Jika sel yang terinfeksi tersebut terdapat pada organ yang vital di dalam tubuh, maka organ itu pun juga tidak akan bisa melakukan fungsinya secara normal. Dan setelah mendiami tubuh mahkluk hidup virus tersebut akan tumbuh dan berkembang dengan sendirinya. Cara kerja dan sifatnya sama dengan virus yang menyerang makhluk hidup. Inilah alasan mengapa program yang menyerang komputer ini di beri nama virus.

Sama halnya virus yang menyerang makhluk hidup, gejala awal komputer terserang virus dapat juga kita ketahui. Jika makhluk hidup yang terserang virus gejala awal biasanya merasa tak enak badan, panas dingin, demam, flu dan lain sebagainya. Pada komputer juga demikian, tanda yang mudah kita ketahui adalah saat kita coba menancapkan flashdisk maka pada flashdisk tersebut akan terdapat folder-folder baru yang biasaya terhidden atau tersembunyi. Ada juga folder yang terdapat tanda shortcut seperti menu aplikasi shortcut yang ada pada desktop. Virus seperti ini biasanya disebut virus shortcut. Kebanyakan orang yang mendapati virus ini di hard drive atau flashdiscknya beranggapan jika di delete virus ini sudah hilang. Padahal jika kita cermati lebih detail lagi, memang saat proses penghapusan tersebut seakan virus juga terhapus karena ada prompt dari windows bahwa folder sudah sukses dihapus. Virus ini tidak 100% hilang begitu saja dari komputer, malah jika kita mencoba menghapusnya virus ini akan melipat gandakan dirinya, semisal sebelumnya terlihat 4 virus shortcut maka jika dihapus dia nanti akan berlipat ganda menjadi 8. Dan jika hal ini tetap dibiarkan maka virus ini akan memenuhi drive komputer.

Gejala lain yang bisa kita ketahui komputer yang terserang virus adalah kinerja komputer menjadi menurun, proses booting start up akan lebih lama, mouse atau keyboard tiba-tiba mendadak tidak bisa digerakan. Ketika membuka folder atau dokumen waktu menunggunya akan semakin lama.

Lalu adakah cara agar komputer kita aman dari serangan virus? Tentu ada caranya. Cara yang termudah adalah dengan menginstal anti virus. Sekarang ini sudah banyak sekali antivirus baik yang berbayar maupun yang gratisan. Keduanya memang sama-sama ampuh. Namun ampuh tidaknya antivirus bukan dilihat dari seberapa mahal harganya tapi dari seberapa sering kita mengupdate antivirus tersebut. Terlebih lagi bagi komputer yang selalu terhubung dengan internet. Komputer tersebut lebih rentan terserang virus. Virus yang tiap saat selalu berkembang dan bermacam-macam jenisnya akan sangat sulit untuk dibasmi jika antivirus kita kurang update. Jangan sampai antivirus yang tujuan utama sebagai tameng terhadap virus malah menjadi sarang virus. Bagian komputer yang paling sering diserang adalah pada sistem operasinya, jika sudah mengalami kerusakan sistem yang parah karena virus maka komputer kita tidak akan bisa dioperasikan dan akhirnya langkah atau tindakan terakhir adalah harus install ulang operating sistem. Jika sudah diinstal ulang maka semua data yang terdapat pada drive (C) akan terhapus. Sungguh sangat disayangkan jika apabila ternyata pada driver tersebut tersimpan data-data penting kita. Semua data penting tersebut juga akan hilang. Maka untuk mengantisipasi hal demikian, apabila komputer sudah terindikasi terserang virus ada baiknya segera melakukan update teradap antivirus sebelum semuanya over.

tags: , , ,

Related For Mengenali gejala dini komputer terinfeksi virus