Mengetahui Apa Itu HDMI? Serta Kelebihan dan Jenisnya

Thursday, April 16th 2015. | Aksesoris, Blog, Hardware, Komputer
Sponsored Links

laptop HDMI socket-s

Kata atau istilah port USB, kabel data, bluetooth, atau yang lainnya dari komponen komputer mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda yang sudah mengenal dan bahkan suka dengan dunia perangkat komputer dan teknologi. Namun apakah anda mengetahui apa itu HDMI? Nah, bagi anda yang belum mengetahui apa itu HDMI, maka artikel kali ini akan memberi tahu dan menjelaskan sedikit tentang port atau kabel HDMI serta fungsinya.

HDMI merupakan singkatan dari High Definition Multimedia Interface, yang mana HDMI menjadi suatu penghubung antar muka interface pada perangkat audio dan visual berdefinisi tinggi (HD) atau standart. Dengan HDMI pula seluruh sumber audio atau video yang berjenis digital seperti Blu-ray Disc Player, Video Game Console, PC, Monito Komputer, dan televisi digital dapat di hubungkan dengan satu kabel.

Berbagai macam format visual dan audio dapat didukung oleh perangkat port HDMI mulai dari yang paling standart sampai yang berkualitas palnig tinggi (HD) pada PC, televisi, atau perangkat lainnya yang sudah mempunyai port HDMI. Sekarang ini biasanya televisi, laptop, DVD player yang versi atau keluaran terbaru sudah didukung perangkat teknologi HDMI.

Antara komputer ke televisi, DVD player ke televisi, Handphone ke DVD player, atau perangkat lain yang sudah didukung teknologi HDMI dapat dengan mudah dihubungkan dengan port HDMI. Ada beberapa kelebihan HDMI yang tidak dimiliki oleh beberapa port kabel yang lainnya seperti composite video, S-video, kabel coaxial, componet video, kabel VGA, dan lain-lain.

Beberapa kelebihan HDMI, diantaranya sebagai berikut:

  • Karena sistem bekerjanya secara digital, maka HDMI tidak melakukan kompresi sinyal. Berbeda dengan pendalu sebelemnya yang mana sistem analog yang di gunakan, sehingga kualitas audio visual atau video output akan mengahsilkan lebih baik. Hal yang membuat kualitas sinyal digital semakin kehilangan hingga membuat membuat output audio visual atau videonya berkurang yaitu pada teknologi sebelumnya masih menggunakan sistem antaruka analog, untuk dapat menjadi analog harus menerjemahkan sumber digital dulu, lalu dikirim ke televisi kemudian diubah kembali ke sinyal digital untuk ditampilkan pada layar televisi.
  • Kecepetan transfer yang dimiliki oleh HDMI terbilang lebih cepat daripada perangkat yang lainnya. Perangkat teknologi HDMI dapat mentransfer data hingga 5 GB/sec. Sehingga dengan kecepatan seperti itu akan menghasilkan kualitas file yang lebih baik.
  • HDMI memiliki kable tunggal, sebenarnya pada sebuah kabel tunggal tersebut terdapat 19 kable yang terbungkus. Sehingga dalam penggunaan HDMI terasa akan lebih praktis.jenis-kabel-hdmi

HDMI juga memiliki berbagai macam jenis atau tipe, yaitu diantaranya seperti tipe micro, mini, dan full size HDMI. Untuk tipe miscro hanya dapat digunakan pada smartphone, untuk tipe mini digunakan pada tablet pc, gadget, dan sedangkan tipe full size digunakan pada Komputer, Laptop, DVD player, televisi, dan lain sebagainya.

Demikian ulasan artikel tentang Mengetahui Apa Itu HDMI? Serta Kelebihan dan Jenisnya. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

Incoming search terms:

  • apa itu hdmi
  • kelebihan hdmi
  • kelebihan kabel HDMI
  • apa itu kabel hdmi
  • Kelebihan Dvd hdmi
  • keunggulan hdmi
  • fungsi kabel hdmi untuk dvd
  • kelebihan kabel hdmi untuk tv
  • maksud hdmi pada tv
tags: , , , , , , , ,

Related For Mengetahui Apa Itu HDMI? Serta Kelebihan dan Jenisnya