Mengganti DNS dengan Mudah

Thursday, September 1st 2016. | Internet, Tutorial
Sponsored Links

Pada artikel sebelumnya dengan judul “Analogi DNS dan Buku Telpon” telah sedikit banyak diuraikan penjelasan DNS. Pada artikel tersebut juga telah disinggung secara jelas fungsi dari DNS yakni untuk mempermudah pengguna internet menuju alamat web tanpa harus memasukan IP Address. Kebayangkan bagaiman sulitnya menghafal setiap IP Address apabila tidak ada DNS?

Pengguna internet, fungsi dari DNS adalah untuk menerjemahkan nama Domain suatu web menjadi deretan angka IP Address yang bisa dibaca oleh komputer. sebagai contoh nama domain dari facebook.com yang memiliki IP Address 173.252.120.6. Mesin internet sebenarnya hanya bisa mengenali IP Address. Peran dari DNS inilah yang membantu mengarahkan menuju facebook.com tanpa harus menuliskan IP Address pada browser.

Mungkin jika anda membaca konten ini anda akan bertanya – bertanya, kenapa judul dari konten ini “mengganti DNS dengan mudah” ?

Kenapa mengganti DNS adalah karena DNS juga bisa mempengaruhi kecepatan internet dan juga dapat membantu kita mengunjungi situs – situs tertentu yang tidak bisa dikunjungi. Misal ada situs yang diblokir oleh ISP ( Internet Service Provider ) maka dengan mengganti DNS kita dapat mengatasi permasalahan tersebut. Namun beberap pengguna internet juga mengalami kesulitan ketika hendak mengganti DNS. Oleh karena itu konten kali ini dimaksudkan untuk mengganti DNS dengan mudah.

Cara mengganti DNS dengan mudah :

  1. Klik kanan pada ikon Network Internet Access yang terletak dibagian pojok kanan bawah toolbar windows
  2. Pilih Open Network and Sharing Centerinternet access
  3. Pilih Local Area Connectionlocal area connection
  4. Pilih propertiesproperties
  5. Klik pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)Ipv 4
  6. Pilih properties
  7. Pada tab General tersebut, anda dapat mengganti DNS sesuai dengan DNS yang anda inginkan. Contoh DNS yang bisa anda gunakan adalah google DNS dan juga Open DNS:

Google DNS

Preferred : 8.8.8.8

Alternate : 8.8.4.4

 

Open DNS

Preferred : 208.67.222.222

Alternate : 208.67.220.220

use dns

  1. Klik OK jika sudah selesai mengganti DNS
  2. Restart internet dengan cara, klik pada Change adapter setting
  3. Klik kanan pada ikon internet yang anda gunakandisable
  4. Pilih disable
  5. Setelah muncul tanda silang, ini menandakan internet tersebut sudah tidak aktif. Kemudian sekali lagi klik kanan pada ikon tersebut dan pilih enableenable
  6. Sekarang konekan lagi internat anda dan rasakan perbedaanya.

Demikian mengganti DNS dengan mudah bahkan bisa dilakukan oleh newbie sekalipun. Jika setelah DNS diganti internet malah menjadi lemot anda bisa mengembalikan setingan DNS ke defaultnya lagi. Namun perlu anda ingat, cepat lambat tidak hanya dipengaruhi oleh DNS tetapi juga dipengaruhi oleh penyedia layanan internet.

Incoming search terms:

  • mengganti dns dengan mudah
tags: , , ,

Related For Mengganti DNS dengan Mudah