Mengubah Ukuran dan Resolusi Gambar Menggunakan Adobe Photoshop CS 5

Monday, January 26th 2015. | Tutorial
Sponsored Links

Setiap foto atau gambar memiliki ukuran dan resolusi tertentu yang akan sangat berpengaruh pada hasil cetakan. Ukuran dan resolusi tersebut dihasilkan dari ukuran piksel kamera. Semakin tinggi ukuran piksel dari kamera maka kualitas gambar yang ditangkap juga semakin baik.

Ukuran resolusi ini bisa dikatakan adalah yang menentukan bagus tidaknya kualitas suatu gambar. Namun semakin tinggi resolusinya juga akan semakin besar pula ukuran foto tersebut. Jumlah warna yang ditangkap pun juga semakin kompleks.

Untuk lebih mudahnya lagi dalam pemahaman piksel gambar ini, bisa diambil contoh dari perbandingan satu gambar yang diambil menggunakan kamera dari ponsel dengan ukuran VGA 0.3 MP ( 640 x 480) dan 2 MP (1200 x 1600 ). Gambar yang diambil menggunakan ponsel kamera 2 MP akan memiliki kualitas gambar yang jauh lebih bagus dari pada gambar yang diambil menggunakan kamera ponsel 0.3 MP. Kualitas pencahyaan dan penangkapan setiap detail warna juga lebih baik bila menggunakan kamera ponsel 2 MP.

Apalagi bila anda berniat untuk mencetak gambar tersebut, maka gambar yang diambil dengan ponsel kamera 2 MP akan menunjukan kualitas yang jauh lebih bagus dari pada kamera ponsel 0.3 MP. Oleh karena banyak para photographer professional yang menggunakan kamera dengan piksel yang tinggi.

Namun kerap kali kasus yang terjadi adalah gambar dengan ukuran resolusi yang tinggi tidak dapat dibuka pada perangkat yang memiliki resolusi rendah. misalkan dari kasus diatas, gambar yang diambil menggunakan kamera ponsel 2 MP tidak mungkin dapat dibuka pada ponsel dengan ukuran resolusi dibawahnya.

Bagi newbie tidak perlu khawatir, ukuran dan resolusi ini bisa diubah menggunakan Adobe Photoshop. Bila menggunakan aplikasi ini, ukuran gambar bisa diperbesar atau diperkecil sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Dengan memperluas ukuran gambar, tampilan gambar dan hasil cetak gambar tersebut akan lebih besar. Gambar tersebut juga bisa ditingkatkan resolusinya, tampilan gambar tersebut juga akan terlihat membesar, namun jika dicetak ukuranya akan tetap sama namun kualitas cetakan akan semakin baik.

Mengubah ukuran gambar

  • Pilih menu image2
  • Image size
  • Jendela image size akan ditampilkan1

Width untuk mengubah lebar gambar

Height untuk mengubah tinggi gambar

Perlu dicatat, jika Constrain Proportions diaktifkan maka perbandingan antara lebar dan tinggi gambar akan tetap dipertahankan. Dengan kata lain pengubahan width akan mempengaruhi height dan sebaliknya.

Resample image dilakukan untuk mengubah jumlah pixel dalam gambar jika ukuran gambar berubah. jumlah pixel akan bertambah banyak jika ukuran gambar diperbesar dan sebaliknya.

Jika ukuran dan piksel gambar sudah diubah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, langkah selanjutnya klik ok, maka gambar akan berubah sesuai dengan keinginan anda.

Incoming search terms:

  • atur ukuran gambar 8 0 mp dalam photoshop
  • cara membuat kualitas gambar bertambah
  • cara membuat resolusi foto jadi 1600 × 1200
  • cara mengarur resolusi lewat photoshop di hp
  • ukuran kualitas foto 8 mp dalam photosop
tags: , ,

Related For Mengubah Ukuran dan Resolusi Gambar Menggunakan Adobe Photoshop CS 5