Mengukur Kecepatan Bandwith

Tuesday, June 21st 2016. | Jaringan, Tutorial
Sponsored Links

Istilah bandwith seringkali kita dengar ketika akan menggunakan layanan ISP yang menyediakan koneksi internet, misalnya saja suatu ISP menjanjikan suatu paket internet akan mendapatkan akses kecepatan internet atau bandwith sebesar 384 kb/s untuk download dan 96 kb/s untuk upload, artinya dengan berlangganan paket tersebut kita akan mendapatkan kecepatan maksimal (up to) sebesar 384 kilo bit per second atau 48 kilo byte per second untuk download dan maksimal sebesar 96 kilo bit per second atau 12 kilo byte per second (1 bype = 8 bit).

Pengertian Bandwidth

Menurut Wikipedia, “di dalam jaringan komputer, Bandwidth sering digunakan sebagai suatu sinonim untuk data transfer rate (bit rate atau throughput) yaitu jumlah data yang dapat dibawa dari sebuah titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (pada umumnya dalam detik)”, sedangkan dalam dunia ilmu komputer bandwidth adalah jumlah pemakaian data dalam sebuah tranmisi atau pengiriman data telekomunikasi. Disini bandwidth juga dihitung sebagai bitrate. Jenis bandwidth ini biasanya di ukur dalam bps (bit per second). Adakalanya juga dinyatakan dalam Bps (bytes per second).

Mengukur Kecepatan Bandwidth Internet

Untuk mengukur kecepatan bandwidth atau kecepatan internet actual (upload dan download) yang saat ini kita dapatkan ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, diantaranya :

  1. Mengukur kecepatan bandwidth internet menggunakan layanan bandwidth meter, seperti speedtest.net, bandwidthplace.com dan sebagainya.

Berikut hasil pengetesan yang saya lakukan menggunakan layanan speedtest.net dengan lokasi tujuan server masih berada di Jakarta.

bandwidth-internet

  1. Mengukur kecepatan bandwidth internet dengan melihat pada saat download file. Kecepatan internet atau transfer rate secara actual juga bisa kita dapatkan ketika sedang mendownload suatu file. Gambar dibawah ini menunjukan transfer rate sebesar 253KB/s saat saya mendownload file mozila firefox.

transfer-rate-internet         3. Mengukur kecepatan bandwidth internet dengan menggunakan software bandwidth monitor.

Misalnya bandwidth meter pro. Dengan software ini bisa memonitor dan merecord network traffic untuk internet, LAN dan WAN.

Versi trialnya bisa kita coba selama 15 hari. Kalau mau gratisan bisa pakai network.

SpeedMeter

Mungkin itulah beberapa cara yang bisa kita gunakan Untuk Mengukur Kecepatan Bandwidth, semoga bermanfaat bagi anda dan Selamat Mencoba.

tags: , , , ,

Related For Mengukur Kecepatan Bandwith