Meningkatkan Performa Komputer dengan Overclocking

Friday, May 20th 2016. | Blog, Komputer, Tutorial
Sponsored Links

Memiliki komputer dengan spesifikasi standar namun ingin menjalankan program atau aplikasi yang berat, sebenarnya bisa dilakukan dengan overclocking. Pernahkah kamu mendengar apa itu overclocking ? atau mungkin ada diantara kamu yang ahli dalam bahasa inggris, coba terjemahkan apa itu overclocking ?

Jika diterjemahkan secara asal – asalan kata overclocking, kata demi kata maka tidak akan di dapatkan pengertian dari overclocking yang dimaksud. Dalam dunia komputer, overclocking merupakah hal yang biasa dilakukan oleh para ahli komputer untuk meningkatkan performa komputer.

Apa itu overclocking ?overclock-windows_03

Overclocking adalah tindakan untuk meningkatkan clock rate  dari komponen komputer sehingga komponen tersebut mampu bekerja pada kecepatan lebih tinggi dari asalnya. Overclocking biasa dilakukan pada CPU atau GPU.

Meningkatkan clock rate pada komponen akan membuat proses berjalan lebih cepat dari pada biasanya, tetapi dampak dari overclocking ini juga menghasilkan panas yang luar biasa terhadap komponenya. Oleh karena itu, pada komponen yang dilakukan Overclocking memerlukan pendinginan yang super dan perawatan yang rutin.

Misal pada CPU yang dilakukan overclocking, meskipun sudah terdapat kipas sebagai pendinginya, namun kipas ini hanya mampu mendinginkan CPU yang bekerja secara normal. Selama proses overclocking, CPU akan bekerja dengan ekstra sehingga menghasilkan suhu panas yang lebih tinggi dari biasanya. Kipas standar yang dipasang diatasnya tidak akan cukup membantu untuk proses pendinginan. Oleh karena itu perlu ditambahkan pendingin yang lain yang lebih efektif dan lebih cepat mendinginkan.

demikian pula pada GPU, proses overclocking juga akan menimbulkan panas yang luar biasa. Apabila panas ini tidak bisa diatasi maka komponen baik pada CPU maupun pada GPU akan mengalami overheat bahkan bisa mengakibatkan kerusakan yang fatal pada komponen tersebut.

Meskipun beresiko namun tidak jarang juga masih banyak orang yang ingin melakukan overclocking terhadap komputernya. Cara untuk overclock ini sangat beresiko terhadap komputer anda. jadi ada beberapa pertimbangan untuk melakukan overclocking :

  1. Sebelum melakukan overcloking, kenali terlebih dahulu spek komputer anda seperti prosesor, RAM, VGA dan Power Supply. Komponen – komponen tersebut di dalam sebuah komputer merupakan komponen yang mendukung satu sama lain, jika satu diubah atau dilakukan overclok, pastikan komponen yang lain bisa mensupportnya. Karena kalau tidak, saat terjadi overclocking komponen yang berkaitan akan mengalami kerusakan yang parah bahkan bisa menjadi rusak permanen.
  2. Overclocking menghasilkan panas yang luar biasa terhadap komponenya, oleh karena itu diperlukan pendingin yang super agar bisa mengurangi panas tersebut. Penambahan kipas atau sistem pendingin yang lain sangat disarankan sebelum melakukan overclocking.
  3. Hasil dari overclocking adalah peningkatan performa komputer, komputer bisa berjalan lebih cepat. Namun overclocking juga dapat merusak komponenya. Maka apabila overclocking tidak dilakukan dengan benar, resiko yang paling fatal adalah anda harus bersiap mengganti komponen yang rusak dengan komponen yang baru hingga bahkan anda harus merogoh gocek yang cukup dalam untuk membeli perangkat komputer yang baru.

tags: , ,

Related For Meningkatkan Performa Komputer dengan Overclocking