Menjaga Flashdisk Tetap Awet

Sunday, February 14th 2016. | Aksesoris, Hardware, Komputer
Sponsored Links

flasdisk

 

Flashdisk, media penyimpanan data yang umumnya berbentuk lebih kecil dari pada floppy disk ini, memiliki kapasitas lebih besar dibandingkan disket atau floppy disk, nahkan untuk sekarang ini sudah tersedia flashdisk berkapasitas 4 GB. Seperti peripheral computer lainnya, flash disk juga harus dirawat dan menjauhkan flash disk dari sesuatu yang bias mengancam eksistensinya.

  • Hindarkan dari magnet. Tidak menyimpan flash disk dekat dengan benda yang mengandung magnet berkekuatan besar, seperti TV dan ponsel. Hal ini disebabkan gelombang elektromagnetik dari dua benda tersebut dapat merusak flash disk. Selain itu, juga jangan menyimpan flash disk dan ponsel dalam satu kantong tas. Di rumah, jangan meletakan flash disk di dekat TV ataupun benda yang memiliki gelombang magnet.
  • Hindarkan dari virus, virus dapat menempel di flash disk jika anda sering mengambil data dari internet atau komputer orang lain melalui flash disk. Virus yang masuk kemudian akan merusak data yang tersimpan, atau merusak file sehingga tidak bias terbaca sama sekali. Oleh karena itu, pastikan anda sering meng-update antivirus untuk mengecek keberadaan virus.
  • Hindarkan dari air. Beberapa perusahaan pembuatan flash disk mengklaim produknya anti air, namun sebaiknya jangan mencoba-coba memasukkan flash disk ke air ataupun kena air sedikit saja, karena air dapat menghilangkan data dalam flash disk.
  • Gunakan flash disk dengan benar. Terkadang mungkin anda langsung mencabut flash disk begitu saja dari port USB komputer. Padahal, cara semacam ini mempenagruhi data-data yang tersimpan. Sebaiknya, anda mengikuti prosedur yang ada dengan melakukan proses stop atau eject terlebih dahulu, baru mencabutnya, agar flash disk tetap awet.
  • Hindarkan dari sinar matahari langsung. Jangan sampai jatuh atau terkena benturan keras. Jangan lupa menutup soketnya bila flash disk tidak di gunakan.
  • Jangan menyimpan file-file yang sangat banyak ke dalam flash disk, jika memungkinkan lebih baik di zip. Karena semakin banyak menyimpan file maka proses menulis flash disk juga akan lebih banyak, sehingga umurnya juga cepat berkurang . misalny saja mengcopy master operating system ke dalam flash disk, di mana terdapat puluhan ribu file kecil di dalamnya.

 

Flashdisk satu dengan yang lainnya mempunyai umur dan kecepatan yang erbeda-beda. Satu lagi tips ketika membeli flashdisk, jangan hanya melihat harganya, tetapi juga garansinya, jika lebih mahal sedikit tetapi garansi lebih lama, maka pilih yang garansi lebih lama. Semoga bermanfaat.

tags: , , ,

Related For Menjaga Flashdisk Tetap Awet