Menjatuhkan hati ke LED atau LCD

Sunday, February 5th 2017. | Hardware
Sponsored Links
LED vs LCD

LED vs LCD

Bagi para pecinta gadget yang selalu mengikuti trend teknologi gadget terbaru pasti sudah tidak asing lagi dengan perkembagan dunia gadget saat ini. Kini sudah hadir teknologi gadget terbaru yang menggunakan LED sebagai display utama mereka. Tidak hanya pada ponsel dan smartphone, namun kini LED telah merambah ke dunia gadget yang lain seperti pada TV, PC atau tablet. Bahkan kini semua gadget keluaran pabrikan-pabrikan ternama sudah mengusung teknologi LED sebagai bagian dari produk andalan mereka.

Namun sebelum perkembangan teknologi LED menguasai dunia gadget, teknologi LCD sudah lebih populer sebelumnya. LCD atau Liquid Crystal Display adalah teknologi yang menggunakan Kristal cair sebagai media display utamanya dan menggunakan backlight atau backlamp sebagai sumber cahayanya. Jadi teknologi LCD ini berbeda dengan monitor CRT yang menggunakan tabung sebagai sumber cahayanya. Penggunaan backlamp ini sama seperti lampu neon yang ada dirumahan. Backlamp yang digunakan pada LCD ini dianggap jauh lebih hemat energi dari pada teknologi yang menggunakan tabung sebagai sumber cahayanya. Kualiltas gambar yang dihasilkan pun juga lebih detail dan lebih tajam ketimbang teknologi pendahulunya namun yang menjadi masalah utama bagi teknologi berbasis LCD ini adalah layar yang sensitive sehingga harus berhati-hati ketika membawa atau menggunakanya. Oleh karena itu LCD biasanya belum bisa digunakan untuk touch screen.

Dewasa ini teknologi LCD dan LED sudah digunakan pada monitor PC atau komputer dan juga laptop. Teknologi yang lebih ramah dimata dan hemat energy ini bisa sangat bermanfaat bagi penggunanya. Karena kecanggihan teknologi LCD dan LED ini sekarang monitor CRT sudah tidak digunakan lagi. Namun karena beberapa kelemahan yang dimiliki oleh teknologi LCD, kini LED menjadi pilihan nomer satu untuk dipasang disetiap gadget. Bahkan beberapa pabrikan teknologi terbesar saat ini sudah tidak lagi memasukan LCD di produk mereka.

LED monitor atau Light Emitting Diode merupakan pengembangan lebih lanjut dari teknologi LCD. LCD dan LED merupakan teknologi yang hampir sama namun yang membedakan dari keduanya adalah sumber pencahayaanya. Jika LCD menggunakan backlight atau semacam lampu neon sebagai sumber pencahayaanya , LED menggunakan Light Emitting Diode atau lampu LED sebagai sumber cahayanya.

Penggunaan LED pada monitor memiliki banyak keuntungan. Beberapa hal kebaikan pada LED adalah teknologi ini lebih hemat konsumsi daya listriknya dibandingkan dengan teknologi LCD. Selain itu perkembangan teknologi LED pun saat ini juga semakin canggih. Pada beberapa tibe layar monitor LED sudah bisa menggunakan teknologi touch screen atau teknologi layar sentuh. Apalagi dengan diluncurkanya operating system yang terbaru saat ini semuanya mengusung teknologi touch screen. Karena kecanggihan ini user tidak perlu repot-repot lagi membawa keyboard eksternal atau pun mouse karena semuanya sudah bisa dioperasikan lewat sentuhan tangan. Keunggulan lain dari LED adalah bentuknya yang tipis dan ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Dari sekian kecanggihan yang disuguhkan teknologi LED monitor tersebut mungkin kita akan dibuat bertanya-tanya. “kira-kira teknologi secanggih ini dibanderol dengan harga berapa?”, patut kita ketahui bahwa saat ini harga yang dibanderol oleh beberapa pabrikan elektronik besar adalah cukup tinggi. LED monitor yang hanya bisa digunakan untuk display PC paling murah masih di harga kisaran 600 ribuan. Sedangkan untuk monitor yang sudah bisa digunakan untuk touch screen harga masih sangat tinggi. Harga yang paling murah untuk LED touchscreen masih sekitar 3 jutaan. Jadi mungkin harga akan menjadi pertimbangan bagi pecinta gadget untuk memilih antara LED dan LCD. Apapun pilihanya, pertimbangan akan budget dan kebutuhan adalah pilihan yang bijak untuk memilihnya.

Related For Menjatuhkan hati ke LED atau LCD