Menutup Laptop Keadaan Menyala dengan Aman

Tuesday, March 24th 2015. | Tutorial
Sponsored Links

Acer-Aspire-A5560-7414Laptop atau komputer jinjing merupakan perangkat komputer pertama yang pernah saya jual ketika saya masih kuliah. Pada saat itu saya termasuk newbie. Meskipun demikian soal pengetahuan komputer saya tidak kalah dengan teman – teman saya.

Beberapa teman sekelas saya yang mengetahui keahlian saya kemudian bertanya – tanya soal komputer dan ingin membeli laptop. Dia kemudian memesan laptop kepada saya. Sontak saya yang masih newbie harus belanja laptop, komputer saja saya baru pegang beberapa bulan.

Singkat cerita kemudian saya belikan laptop untuknya. Baru satu minggu pemakaian, laptopnya mengalami gangguan. Dari diagnose yang saya lakukan saya yakin kerusakan ada pada hardisknya. Kemudian saya bertanya kepadanya, bagaimana kamu membawa laptopmu ke kampus? Dia menjawab ketika sudah selesai menggunakan langsung saya tutup dan saya masukan tas.

Dari kronologi di atas akhirnya saya bisa menyimpulkan, bahwa membawa laptop yang belum dimatikan atau langsug menutup keadaan menyala kemudian terkena goncangan sangat beresiko terhadap komponen yang ada di dalam laptop.close

Menutup laptop keadaan menyala sebenarnya belum sepenuhnya mematikan laptop. Beberapa laptop memiliki setingan default sleep ketika menutup laptop keadaan menyala. Keadaan sleep ini berarti masih ada arus listrik yang mengalir pada beberapa komponen di dalam laptop.

Dari kasus di atas, menutup laptop keadaan menyala membuat laptop miliknya masih mengalirkan arus listrik pada komponen di dalamnya salah satunya adalah hardisk. Ketika dalam keadaan berkendara, laptop tersebut terkena goncangan hingga terasa sampai pada hardisk akibatnya hardisk mengalami kerusakan permanen.

Jika anda termasuk orang sibuk dan tidak suka menunggu waktu shut down yang lama ada cara menutup laptop keadaan menyalan dengan aman. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Buka control panel
  2. Pilih Hardware and Sounds
  3. Buka power options
  4. Pada panel samping kiri, pilih choose what closing lid does
  5. Anda dapat memilih hibernate atau shut down tergantung tindakan mana yang ingin anda terapkan apabila led monitor laptop ditutup.

Melihat resiko yang ditimbulkan akibat kebiasaan menutup laptop keadaan menyala begitu besar maka ada baiknya anda untuk mengubah settingan laptop anda ketika led monitor laptop di tutup ketika laptop menyala. Ikuti langkah di atas untuk mentutup laptop keadaa menyala dengan aman. Atau sempatkanlah sesaat laptop untuk shut down secara sempurna sebelum anda benar – benar menutup monitor laptop anda.

Incoming search terms:

  • laptop
  • gambar laptop
  • ketika laptop nyala langsung ditutup
  • apakah aman jika layar laptop di tutup langsung
  • apakah aman jika layar laptop nyala di tutup
  • apa yang terjadi jika laptop tiba tiba di tutup saat nyala
  • apakah yang terjadi ketika kita menutup layar laptop yang masih menyala?
  • bolehkah menutup laptop saat masih nyala#spf=1
  • pengaruh tutup layar laptop tanpa dimatikan
  • jika laptop dalam keadaan menyala tapi ditutup
tags: , ,

Related For Menutup Laptop Keadaan Menyala dengan Aman