Merawat Komputer Dengan Cara Yang Baik

Thursday, September 7th 2017. | Hardware, Komputer, Software
Sponsored Links

Memiliki komputer merupakan sebuah impian dari sesorang, selain sebagai alat untuk bekerja, komputer juga bisa dijadikan sebagai alat kebutuhan lainnya seperti untuk bermain game, alat komunikasi, dan masih banyak kegunaan komputer lainnya.

Merawat Komputer Dengan Cara Yang Baik

Merawat Komputer Dengan Cara Yang Baik

Jika Anda memiliki komputer sudah menjadi sebuah kewajiban bagi Anda untuk bisa merawat komputer dengan baik agar tidak mudah rusak dan jika rusak Anda supaya bisa membenarkannya. Mestinya Anda yang memiliki pekerjaan yang lebih identic pada bagian komputer, pastinya Anda selalu memakainya hamir 24 jam atau bisa lebih dan kurang.

Namun jika terjadi kerusakan dikarenakan Anda yang tidak bisa bahkan tidak tahu cara merawatnya, pasti itu akan menjadi sebuah kesulitan yang sangat berat karena Anda selalu membutuhkannya. Terutama untuk pekerja yang selalu berada di depan komputer.

Kami akan memberikan beberapa tips tentang mengenai cara merawat komputer dengan cara yang baik dan benar. Selain itu pada kesempatan saat ini kami akan memberikan beberapa cara merawat komputer agar tidak mudah rusak dan tentunya awet dan bebas dari penyakit dan virus-virus yang ada pada komputer.

Merawat Komputer Dengan Cara Yang Baik

Merawat Komputer Dengan Cara Yang Baik

Dalam penggunaan komputer tidak boleh asal digunakan dan dipakai dengan begitu saja, selain ada perawatan dari luar komputer juga harus ada perawatan dari dalam juga agar dapat bisa Anda gunakan selalu untuk bekerja dan lain-lainnya. berikut adalah beberapa tips dari kami dalam merawat komputer dengan cara yang baik agar awet dan tidak mudah rusak:

1. Selalu Menutup Jendela Program Yang Tidak Diperlukan

Hal ini dapat menyebabkan komputer Anda akan menjadi lemot/lambat dalam melakukan proses program lainnya. setiap program yang sedang dijalankan pasti membutuhkan memory RAM, sehingga jika makin banyak program yang dijalankan akan menyebabkan komputer Anda menjadi lambat. Dan komputer Anda akan menjadi lebih berat dan pada akhirnya akan mempercepat komponen-kompenen pada komputer Anda menjadi lebih cepat umurnya atau akan lebih mudah rusak dan pastinya Anda malah harus mengeluarkan biaya untuk memperbaiki komputer tersebut.

2. Harus Membutuhkan Ventilasi Yang Cukup

Jika Anda tidak memberikan ruang untuk ventilasi yang cukup untuk komputer Anda maka akan meengakibatkan panas yang berlebihan dan malah akan membuat komponen atau rangkainan elektronik pada komputer yang ada didalamnya akan menjadi panas yang akibatnya komputer akan lebih mudah rusak.

Maksud dari memberikan ventilasi yang cukup adalah Anda supaya menempatkan monitor dan CPU jarak yang cukup agar kipas pada CPU bisa menyebarkan panas yang tidak berlebihan.

Diusahakan Anda supaya memberikan rtuang pada monitor dan CPU dari tembok atau dinding lainnya minimal 30 cm. dan jika perlu gunakanlah kipas angin dalam ruangan agar ruangan tidak panas, karena ruangan yang panas juga akan mempengaruhi pad komputer.

3. Instal Program Antivirus dan Selalu Mengupdatenya Selalu

Virus yang menyebar pada komputer Anda akan membuat Anda harus selalu menginstal ulang komputer pada Anda atau akan membuat komputer selalu mati dengan tiba-tiba. Dan unutk mengetahui virus-virus yang baru maka Anda supaya mengupdate program antivirus terus menerus.

4. Uninstal atau Hapus Program yang Tidak Digunakan

Jika banyak yang tersita pada ruang hardisk yang diakibatkan banyaknya program, kan memperlambat proses read/write hardisk sehingga komputer And akan menjadi lebih berat dan akan menambah beban kerja pada komputer Anda dan haridisk pun akan menjadi lebih cepat rusak.

5. Gunakanlah UPS atau Stabilizer

Tujuan dari menggunakan UPS/Stablizer adalah agar mengntisipasi jika terjadi padamnya listrik secara tiba-tiba yang akan mengakibatkan kerusakan pada komputer terutama pada hardisk. Fungsi dari Stabilizer atau UPS adalah sebagai mengantisipasi dan menstabilkan naik turunnya tegangan listrik.

6. Defrag Hardisk Terus Menerus

Arti dari Defrag adalah menata atau merapikan file-file yang ada pada hardisk berdasarkan file atau data yang tujuannya supaya mempermudah proses read/write pada komputer sehingga meringankan pada beban kerja komputer Anda yang akhirnya hardisk akan lebih awet tahan lama dan pastinya tidak mudah rusak.

Caranya yaitu kelik menu Star > Program > Accessories > System Toll > Disk Defragmenter. Pada satt menjalan kan defrag ini supaya tidak menjalankan program lainnya termasuk screensever yang aktif karena bisa memperlambat bahkan bisa menggangu defrag ini.

7. Aktifkan Screensaver Pada Komputer

Screensaver memiliki sifat yang estetis, dan masih banyak lagi fungsi dari screensaver yang sangat pentig untuk komputer. Jika monitor menampilkan gambar yang mirip maka unutk beberapa saat fosfor akan menyala secara terus menerus. Dalam hal ini akan mengakibatkan monitor Anda menjadi bermasalah seperti gambar pada monitor komputer akan menjadi redup atau kurang jelas. Cara mengaktifkan Screensaver bisa dilakukan dengan banyak cara dan salah satunya adalah klik Start > Control Panel > Display > Tab Screensaver > Pilih sesuai dengan selera.

tags: , ,

Related For Merawat Komputer Dengan Cara Yang Baik