Mesin Ketik Masih Eksis Hingga Saat Ini

Saturday, December 27th 2014. | Blog
Sponsored Links

Mengetik adalah pekerjaan yang susah-susah gampang. Kenapa dikatakan susah karena kalau tidak dilakukan dengan sepuluh jari yang mengetik maka pekerjaan mengetik akan terasa lama selesainya. Dan kenapa dikatakan gampang adalah karena mengetik pekerjaan ringan dan menyenangkan asal diikuti oleh irama tangan yang harmonis.

type-macine

eksistensi mesin ketik hingga kini

Pada zaman atau era komputer masih jarang digunakan, mesin ketik adalah alat utama yang digunakan manusia untuk mengetik atau membuat tulisan yang rapi. Namun setelah era komputer mulai mendunia, teknologi mesin ketik kuno ini mulai ditinggalkan peminatnya. Selain karena mesin ketik yang sulit untuk dioperasikan juga karena mesin ketik ini membutuhkan tenaga yang kuat pada ujung jari jemari untuk menekan tiap tombol sehingga dihasilkan ketikan yang tajam.

Setelah era mesin ketik ini berganti dengan komputer, banyak para pengguna komputer yang merasa pekerjaanya lebih cepat dan mudah terselesaikan. Selain itu juga bisa lebih menghemat biaya untuk membeli kertas karena bisa meminimalisir akan terjadinya kesalahan saat pengetikan. Proses pengeditan atau pembetulan hasil ketikan pada komputer jauh lebih mudah dari pada menggunakan mesin ketik.

Jika terjadi kesalahan pada mesin ketik maka tulisan tersebut harus ditimpa dengan huruf x berkali-kali sehingga hasil tulisan tersebut tidak dapat dibaca. Sedangkan pada komputer jika terjadi kesalahan pada pengetikan maka bisa dihapus dengan mudah dengan tombol backspacenya.

Perbedaan yang berarti hanya pada hasil ketikan, jika mesin ketik bisa langsung menampilkan hasil ketikan langsung pada kertas namun pada komputer hasil ketikan belum bisa ditampilkan langsung pada kertas. Hasil ketikan akan nampak pada layar monitor. Jika ingin mencetaknya maka komputer bisa dihubungkan dengan printer atau mesin pencetak sehingga hasil ketikan akan berpindah dari layar monitor menuju media kertas.

Keunggulan dari komputer dibanding mesin ketik adalah ketika file dari komputer sudah selesai dicetak, maka file utamanya bisa disimpan pada media penyimpanan yang ada di dalam komputer sehingga apabila suatu saat file ini dibutuhkan bisa dibuka lagi dan bisa pula dicetak kembali dengan mudah. Berbeda dengan mesin ketik, file hasil ketikan hanya bisa dihasilkan sekali dalam wujud kertas dan harus disimpan baik-baik agar kertas tersebut tetap awet. Dan apabila ingin menggandakanya maka harus digandakan melalui mesin foto kopi.

Meskipun saat ini komputer sudah buming namun mesin ketik ini masih digunakan pada beberapa instansi dan perkantoran. Beberapa tempat yang seperti kantor kelurahan dan kantor PPAT (Petugas Pembuat Akte Tanah) masih menggunakan mesin ketik ini. Di Kantor Pengadilan dan juga kepolisian ada pula yang masih mempertahankan menggunakanya. Selain dikelurahan, beberapa RT dan RW juga masih menggunakan mesin ketik ini dalam memberikan layanan administrasi terhadap masyarakatnya. Hal ini menunjukan eksistensi mesin ketik masih belum sepenuhnya luntur oleh kemajuan zaman yang semakin canggih dan modern.

Incoming search terms:

  • keunggulan komputer dari mesin ketik
  • kelebihan komputer dibanding mesin tik
  • apakah kelebihan dan kekurangan amtara mesin tik dan komputer
  • mana yg lebih mudah menggunakan mesin tik manual atau komputer
  • kenapa mesin tik masih digunakan sampai sekarang
  • kelemahan mesin tik
  • kelemahan mesin ketik
  • kelebihan perangkat komputer dengan mesin ketik
  • kelebihan komputer dibanding mesin ketik
  • cara merubah mainset seseorang dari mesin ketik ke komputer
tags: , ,

Related For Mesin Ketik Masih Eksis Hingga Saat Ini