Mulai Mengenal Jenis-Jenis Wifi

Monday, June 27th 2016. | Blog, Internet, Jaringan
Sponsored Links

2000px-Wi-Fi_Logo.svg

WiFi merupakan teknologi yang sangat tidak asing lagi disekitar kita. Hampir setiap manusia pernah melakukan koneksi melalui WiFi, baik itu melalui laptop maupun melalui smartphone.

terdapat berbagai jenis WiFi yang saat ini tersedia sehingga terkadang sering kali menimbulkan masalah koneksi pada laptop maupun smartphone. Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal tersebut, komputerlamongan.com akan menjelaskan untuk anda tentang jenis-jenis WiFi yang tujuannya supaya anda bisa mengatasi masalah tersebut di kemudian hari.

Jenis-jenis Wifi

jenis-jenis WiFi yang ada sekarang ini. Sebuah organisasi yang bernama WiFi Alliance telah membuat WiFi ini sehingga namanya menjadi WiFi Standard. Organisasi tersebut adalah kumpulan dari perusahaan-perusahaan yang tertarik dalam membuat standar umum dari sebuah koneksi wireless internet.

  • IEEE 802.11

Pada tahun 1997, standard ini yang pertama dibuat. Kecepatan yang didukung oleh standard ini mencapai hingga beberapa megabits per detiknya. Tetapi fungsi dari standard ini sudah tidak bisa digunakan dan WiFi standard tidak bisa digunakan oleh satupun perangkat jaman sekarang.

  • IEEE 802.11a

Pada tahun 1999 WiFi standard ini dibuat dan berjalan pada pita 5 GHz. Standard ini dibuat pada frekuensi tersebut tujuannya supaya tidak terlalu banyak gangguan dari perangkat lain. Karena kebanyakan perangkat wireless ketika itu menggunakan pita 2,4 GHz. WiFi standard ini memiliki kecepatan hingga 54 megabits per detik. Sayangnya, WiFi standard ini mempunyai kelemahan yang cukup fatal karena kesulitan untuk menjangkau area yang cukup jauh.

  • IEEE 802.11b

WiFi standard ini juga dibuat pada tahun 1999, namun berjalan pada pita 2,4 GHz yang lebih umum. WiFi standard ini mampu mencapai kecepatan 11 megabits per detik, dan standard ini juga merupakan awal mula berkembangnya WiFi standard-standard yang lainnya.

  • IEEE 802.11g

Pada tahun 2003 WiFi standard ini dibuat. Selain berjalan pada pite 2,4 GHz, standard ini juga mempunyai kecepatan hingga 54 megabits per detik. Kelebihan tersebut membuat standard ini di adopsi oleh banyak perangkat. Sampi sekarang Versi 802.11g ini tetap bertahan, utamanya untuk perangkat lama yang tidak bisa mendukung versi WiFi terbaru.

Demikian artikel tentang Mulai Mengenal Jenis-Jenis Wifi. Apabila banyak kesalahan dalam penulisan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Incoming search terms:

  • jenis jenis wifi
  • jenis wifi
  • jenis-jenis wifi
  • jenis jenis wafi
tags: , ,

Related For Mulai Mengenal Jenis-Jenis Wifi