Mulai Mengenal Tentang BIOS dan CMOS

Friday, March 6th 2015. | Blog, Komputer
Sponsored Links

BIOS dan CMOS

Mulai Mengenal Tentang BIOS dan CMOS – BIOS yaitu singkatan dari Basic Input Output System. BIOS adalah program mikroprosesor pada komputer yang digunakan untuk mengendalikan sistem komputer pada saat awal komputer dihidupkan. Aliran data antara Sistem Operasi dan perangkat keras (hardware) yang terpasang seperti hardisk, video adapter, mouse, keyboard dan printer tersebut dikelola oleh BIOS.

Sebuah komputer ketika dihidupkan, BIOS akan melakukan pengecekan, apakah semua perangkat input dan perangkat output sudah terpasang dan dapat bekerja dengan baik dan benar. Apabila sudah terpenuhi maka Sistem Operasi yang digunakan akan mendapat kiriman informasi dari BIOS. BIOS juga yang mengatur penggunaan memori pada perangkat keras yang terpasang di komputer seperti Video Card, Sound Card, LAN Card, Memory, dan lain sebagainya. Apabila BIOS mengalami gangguan atau gagal melakukan pengendalian maka otomatis perangkat keras tidak dapat digunakan bahkan kadang komputer tidak bisa dihidupkan.

Apabila anda pernah menjumpai komputer bermasalah tidak bisa dihidupkan dan CPU hanya terdengar bunyi beep, maka kemungkinan BIOS gagal membaca suatu perangkat seperti memory, keyboard, atau vga belum terpasang.

Jadi BIOS mempunyai fungsi utama yaitu mengendalikan masukan dan keluaran pada komputer, contoh: keyboard, monitor, mouse, dan peralatan masukan dan keluaran lainnya. Pada umumnya BIOS memiliki menu (Interface) yang bagus, sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan penyetelan. Bentuk BIOS adalah persegi panjang, dan letaknya berada di bagian pinggir motherboard.

BIOS yang sering digunakan pada komputer yaitu AMI BIOS (BIOS dikembangkan dan dijual oleh Megatrends Amerika), dan AWARD BIOS / PHOENIX BIOS (BIOS yang dikembangkan oleh dua perusahaan Award BIOS Software dan Phoenix Technologies).amibios phoenix bios

BIOS dapat di konfigurasi secara manual oleh pengguna sesuai keperluan, atau menggunakan konfigurasi bawaan yang mengacu ke penggunaan pada umumnya. Konfigurasi akan selalu tersimpan pada komputer dalam CMOS walaupun aliran listrik diputuskan dari komputer karena CMOS memiliki tenaga cadangan pada sebuahbaterai yang dinamakan CMOS Battery.CMOS

CMOS singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor. CMOS adalah sebuah perangkat kecil yang ditanamkan didalam mainboard (papan utama). CMOS tidak hanya digunakan pada komputer melainkan juga digunakan pada kebanyakan perangkat elektronik lainnya, contohnya seperti Handphone, Alat Hitung, Kamus Digital, dan lain sebagainya.

CMOS mengkonsumsi tenaga yang sangat kecil, oleh sebab itu baterai CMOS bisa digunakan sampai lebih dari 5 tahun. Apabila baterai CMOS habis atau diputuskan maka akan terjadi gagalnya penyimpanan konfigurasi yang mengakibattkan kembalinya ke konfigurasi awal. Sebagai contoh: konfigurasi tanggal komputer kembali ke tahun 90-an.

Demikian artikel Mulai Mengenal Tentang BIOS dan CMOS. semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

Incoming search terms:

  • kapan mulai dikembangkannya bios
tags: , ,

Related For Mulai Mengenal Tentang BIOS dan CMOS