Ninomiyakun Si Robot Pelajar

Saturday, June 3rd 2017. | Blog, Social Media
Sponsored Links
Ninomiyakun Si Robot Pelajar

Ninomiyakun Si Robot Pelajar

Lagi-lagi negeri sakura jepang membuat kehebohan dan terobosan baru tentang robotnnya yakni robot dengan kemampuan membaca dan menulis layaknnya seorang pelajar yang melakukan aktivitas rutinnya, inilah kecerdasan robot yang mulai dluncurkan lagi oleh jepang,dilihat dari segi kecanggihan robot yang diciptakan membuktikan bahwa teknologi komputer memang sudah tidak pernah diragukan lagi.

Dan kali ini saya akan membicarakan sedikit tentang robot yang bisa belajar layaknnya seorang  pelajar bernama Ninomiyakun,robot yang diciptakan perancan robot dari Universitas Waseda menciptakan robot yang memiliki kemampuan membaca buku.Memiliki bobot seberat 25 kilogram dengan tinggi 1 meter.

Dikembangkan oleh para perancang robot dan information,Production and System Research Center (IPSRC)di universitas waseda,ninomiyakun bisa membaca sebuah teks tertulis dalam buku,surat kabar,majalah dan lain-lain.Demikian keterangan yang dikutip dari situs pink tentacle,senin(15/6/2009).

Untuk bisa mengenali karakter huruf,ninomiyakun dilengkapi dengan peranti lunak yang diinstal oleh komputer tepat berada dibelakang punggungnnya.Peranti lunak ini menerjemahkan teks tertulis menjadi bentuk cerita dan keluar melalui suara yang dihasilkan  voice synthesizer.

Meski suara yang dihasilkan robot ini masih berupa suara mesin,perancang robot telah berusaha agar suara yang dihasilkan lebih berperasaan atau natural dan tidak kaku.Dengan begitu robot berbasis android ini akan mampu membacakan dongeng sebelum tidur bagi anak-anak.

Robot yang berwujud seperti anka kecil ini.bisa mengenali hingga 2000 huruf kanji,hirigana,dan katakana,dan juga robot ini bisa membaca buku sekolah dasar yang bertuliskan huruf abjad.

Para perancang robot mengatakan akan mengembangkan robot ini lebih jauh lagi,mereka berencana akan mengupgrade mesin pada mata kamera sehingga robot ini bisa membaca  karakter dan bacaan yang lebih kompleks.

Gerakan dari robot ini rencanannya juga akan diperbagus atau dibuat semirip mungkin lagi dengan gerakan tangan dan kaki manusia agar gerakannya lebih leluasa dan tidak terlihat seperti gerakan robot dan mungkin nantinnya robot ini sanggup menjadi guru para murid-murid sekolah dasar yang baru belajar membaca ataupun bagi para lansia yang tingkat kemampuan membacannya sudah mulai berkurang.

tags: , ,

Related For Ninomiyakun Si Robot Pelajar