PC to manatsu

Wednesday, February 1st 2017. | Blog, Komputer
Sponsored Links

Menilik dari judul arikel di atas, mungkin kita akan bertanya-tanya. Kira-kira itu frase judul diatas berasal dari bahasa apa ya? Dan apa arti dari frase tersebut? Kira-kira sudah ada yang bisa menebak. Kalau tebakan anda itu bahasa inggris maka jawaban anda adalah benar setengah. Dari cara bacanya mungkin sudah ada yang bisa menebak. “Jepang”. Ya. Betul. Frase dari judul di atas adalah dari bahasa jepang. Terdiri dari 3 kata PC, to dan manatsu. PC itu artinya komputer (masih dalam bahasa inggris), to itu adalah partikel dalam bahasa jepang yang artinya dan, dan manatsu juga berasal dari bahasa jepang yang artinya musim panas jadi arti dari judul artikel di atas adalah PC dan musim panas. Nah loh! Apa hubunganya PC dan musim panas? Makin penasaran mari kita simak artikel dibawah ini.

Judul diatas terinspirasi dari pengalaman penulis pribadi dan juga dari lagu salah satu grup band wanita dengan judul “manatsu no sound good”. Setelah penulis mencari tahu arti dari judul lagu tersebut akhirnya penulis mendapatkan ide untuk menulis artikelnya kebetulan saat itu juga musim panas yang sangat ekstrim melanda negeri tercintanya hingga menyebabkan komputernya juga mengalami masalah dengan kepanasan yang berlebih.

komputer mengalami overheat

komputer mengalami overheat

PC atau komputer, baik itu desktop atau laptop ternyata sejak jaman dahulu sudah berhubungan akrab dengan panas. Ha! Gak percaya. Mari kita flashback ke jamannya komputer generasi pertama pada tahun 1946. Di tahun ini komputer pertama kali dibuat. Komputer ini memiliki ukuran yang sangat besar dan panjang. Karena bentuknya yang besar, komputer generasi pertama ini memiliki bobot yang fantastis yakni mencapai 30 ton.

Rahasia yang membuat komputer ini berat adalah komponen yang terdapat di dalamnya. Di dalam komputer ini terdapat banyak sekali tabung hampa udara yang terbuat dari kaca. Tabung ini berfungsi untuk menangkap sinyal. Karena tabung ini terbuat dari kaca maka oleh karena itu komputer ini memiliki kelemahan yaitu mudah panas. Untuk mengatasi masalah ini, komputer ini memasukan komponen pendingin di dalamnya. Nah dari sejarah ini kita sudah memahami bahwa komputer sudah berteman akrab dengan panas. Sekarang problema apa yang mucul antara panas dan komputer?

Pernahkah anda ketika menggunakan komputer dalam waktu yang sangat lama, hingga berjam-jam dalam sehari kemudian aplikasi-aplikasi yang anda buka tiba-tiba terasa lemot padahal spek komputer anda tergolong tinggi. Atau mungkin tanpa anda sadari ketika menggunakan komputer di musim dingin dan musim panas ternyata perfoma komputer bisa berbeda.

Penyebab yang umum terjadi kenapa komputer tiba-tiba menjadi lemot adalah karena infeksi virus. Namun bila antivirus sudah terupdate dan komputer sudah bersih dari virus namun lemot masih saja terjadi berarti virus bukan yang menjadi penyebabnya. Komputer yang terlalu lama dipakai walaupun sudah ada kipas atau pendingin di dalamnya terkadang masih belum efektif. Ditambah lagi dengan cuaca ekstrim yang panas sudah pasti panas yang ada di luar komputer juga akan merambah masuk ke dalam komputer. Suhu panas mengganggu kinerja komputer.

Hardisk yang sebagai tempat utama penyimpanan data yang apabila panas maka juga akan mempegaruhi perfoma komputer. Di Indonesia dengan cuaca tropisnya ini, ternyata juga sangat berpengaruh pada kinerja komputer. tidak hanya pada hardware komputer tapi juga ke daya listrik yang menjadi sumber utama PC atau desktop. Ketika di siang hari, suhu yang panas membuat tegangan listrik menjadi tidak stabil. Ketidakstabilan ini membuat arus listrik yang masuk ke tiap–tiap instalasi rumah tangga juga tidak sama. Alhasil daya listrik yang masuk ke komputer juga akan tidak stabil. Ini membuat perfoma komputer menjadi labil. Berbeda dengan kondisi di malam hari, suhu yang lebih dingin membuat komputer lebih nyaman untuk perfoma yang maksimal.

Jika ingin lebih membuktikan hal ini, maka anda bisa mencobanya di rumah. Cobalah anda bandingkan. Ketika mengoperasikan komputer di siang hari dan di malam hari. Bukalah aplikasi seperti game atau aplikasi pengolah gambar. Disana anda akan menemukan perbedaan perfoma yang sangat jelas. Ketika di malam hari dengan suhu yang dingin komputer anda akan lebih stabil dan bisa mencapai top perfomanya. Sedang pada siang hari dengan suhu kamar yang cukup panas otomatis komponen yang berada di dalam komputer juga ikutan panas. Oleh karena itu kinerja komputer juga tidak akan maksimal. Bahkan jika pendingin belum mampu mengatasi masalah ini yang sering terjadi dampaknya adalah komputer akan mati sendiri karena kepanasan yang berlebihan. Namun jika anda mempunyai pendapat lain silahkan memberikan masukan dengan menuliskan pada kolom komentar dibawah ini sambil kita saling berbagi ilmu seputar dunia komputer.

tags: , ,

Related For PC to manatsu