Pemahaman Dan Pendalaman Ilmu Perangkat Pendukung Komputer ( Software )

Saturday, November 29th 2014. | Komputer, Software
Sponsored Links

Widiiih.. selamat pagi nih sobat, berjumpa lagi sama ane dengan postingan yang berikutnya yaitu tentang “Pemahaman Dan Pendalaman Perangkat Pendukung Komputer ( Software )”
Nah, selanjutnya ini yaitu tentang Perangkat pendukung setelah Hardware yaitu Software atau dengan kata lain Perangkat Lunak Komputer.
Oke.. Cekidot aja yah, ane akan menjelaskan pengertian dari software atau perangkat lunak computer.

Perangkat software

Perangkat software

Pengertian Software

Sebelum melakukan Pemahaman Dan Pendalaman Ilmu Perangkat Pendukung Komputer (Software ) kita harus tahu dahulu apa pengertiannya Software yaitu merupakan Jembatan yang menghubungkan antara Brainware dengan hardware yang digunakannya. Pengertian dari brainware sendiri yaitu manusia atau orang yang menjalankan dan mengoperasikan system operasi computer dan sebagai orang yang memberi intruksi, dan computer sebagai pihak yang menerima intruksi dari brainware atau pengguna computer, dan pengertian dari software sendiri berlawanan dengan pengertian hardware yaitu komponen pada software tidak dapat di lihat, di raba, dan di sentuh, dengan kata lain tidak berwujud atau berbentuk, namun dapat dioperasikan, sedangkan hardware sendiri artinya perangkat keras computer yang wujud fisiknya dapat dilihat, diraba, dan di sentuh, yang fungsinya untuk membantu proses input pada computer.

Software sendiri memiliki jenis – jenis juga, dan terbagi menjadi 2 kategori, yang pertama perangkat lunak system ( system software ) dan perangkat lunak aplikasi (application software), berikut pembahasannya :

1. Perangkat lunak sistem atau ( System software )

Yaitu perangkat lunak yang langsung terhubung dengan komponen perangkat keras (hardware), baik dari perawatannya maupun program – programnya atau pemrogamannya.

2. Perangkat Lunak Aplikasi ( Application software )

Adalah program computer yang sudah dirancang atau dibuat untuk membuat dan menyelesaikan aplikasi tertentu.
Sementara software juga memiliki fungsi tersendiri, dan berdasarkan fungsinya software dibagi menjadi 2 yaitu : Sistem operasi ( Operating System ) atau bisa disingkat OS dan Program Aplikasi ( Application Program ). Berikut Penjelasan pengertian dari keduanya yaitu :

  1. Operating System

Adalah program computer yang berfungsi sebagai pengontrol dan management hardware (perangkat keras) dan operasi – operasi dasar yang terdapat pada system operasi computer. System Operasi juga merupakan software yang pertama kali dijalankan, software – software akan beroperasi jika system operasi juga berjalan terlebih dahulu.
Contoh – contoh system operasi computer :
1. Windows
2. Linux
3. Ubuntu
4. Mac OS (Macintosh Operating System)
5. Debian
6. IBM OS/2
7. Dll..
Tapi system operasi yang paling sering dijumpai yaitu Microsoft Windows, Linux, Mac OS dan Unix.

  1. Program Aplikasi ( Appication Program )

Adalah program software yang berfungsi melakukan tugas tertentu untuk membantu mempermudah pengguna dalam menjalankan system operasi, dengan cara program aplikasi tersebut di install , guna melengkapi kemampuan system operasi computer untuk menjalankan tugas – tugasnya yang lebih spesifik.

Program aplikasi berdasarkan kegunaannya, bisa terbagi menjadi beberapa jenis, seperti :

  1. Aplikasi office, contohnya Microsoft office, yang berfungsi membantu menunjang tugas administratif pada perkantoran.
  2. Aplikasi Grafis, contohnya CorelDraw, Photoshop, dll. Yang fungsinya sebagai tempat pengeditan gambar, foto, dan juga teks.
  3. Aplikasi Multimedia, contohnya Gom player, winamp, windows media player, QuickTime, dan lain- lain. Guna sebagai pemutar file multimedia.
  4. Aplikasi Internet, contohnya Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, google Chrome. dan lain- lain. Fungsinya sebagai tempat menjelajah internet, dengan kata lain adalah Browsing atau Searching.
  5. Aplikasi Game, contohnya Angry bird, PlantsVsZombies, Luxor,Chainz, Solitaire, dll.

Dalam Aplikasi Office pun juga terdapat beberapa jenisnya. Yaitu :

1. Aplikasi pengolah kata.
2. Aplikasi pengolah angka
3. Aplikasi pengolah Basis Data
4. Aplikasi Pengolah presentasi

Sekian dulu ya pembahasan postingan saya tentang Pemahaman Dan Pendalaman Ilmu Perangkat Pendukung Komputer ( Software ), lain waktu akan ane lanjutkan artikelnya. Semoga artikel yang ane buat, bisa ngebantu plus menambah ilmu tentang computer buat kalian.

Incoming search terms:

  • perangkat lunak komputer beserta gambarnya
  • pengertian aplikasi pendukung
  • pengertian perangkat pendukung
  • pendalaman ilmu komputer
  • pendalaman komputer
  • rangkuman tentang perangkat pendukung
  • rangkuman perangkat pendukung
  • perangkat pendukung proses komp
  • pengertian perangkat pendukung dan contohnya
  • jelaskan input - proses -output pada hardware software dan brainware
tags: , , , ,

Related For Pemahaman Dan Pendalaman Ilmu Perangkat Pendukung Komputer ( Software )