Pemroses Grafis Pada Komputer | VGA Card

Sunday, August 28th 2016. | Aksesoris, Blog, Komputer
Sponsored Links

Komponen yPemroses Grafis Pada Komputer | VGA Cardang satu ini biasanya dikenal dengan nama yang cukup beragam, adapun fungsinya sebagai pengolah grafis pada komputer. Variasi-variasi yang umum dengan sebutan VGA Card yaitu video board, video adapter, video accelerator, graphic card, video card, display adapter, graphics accelarator, graphics adapter, atau video adapter. Dengan nama-nama itu biasa komponen ini disebut, tetapi meskipun punya banyak nama tetap yang sering dipakai yaitu disebut saja VGA Card, dan sebutan itu pengguna komponen ataupun dari vendor pembuat tersebut.VVGG

Grafis yang sedang diolah oleh VGA Card akan ditampilkan pada perangkat output yang berupa monitor itu untuk penggunaan komputer dalam keseharian. Selain itu untuk keperluan presentasi da multimedia sering menggunakan layar TV sebagai alternatifnya dan juga sering dengan menggunakan sambungan proyektor. Adapun untuk ketersediaan dan letak dari VGA Card sendiri di dalam sebuah komputer dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu :

Integrated VGA Card

Alasan kenapa VGA Card yang satu ini biasa disebut dengan Integrated graphic controller yaitu karena VGA Card ini langsung menempel pada Motherboard. Yang apabila diartikan dalam rangkaian pada Motherboard itu juga sudah termasuk VGA Card jenis ini. Biasanya VGA Card ini  termasuk rendah dalam  kemampuan mengolah grafis, sebab VGA Card jenis ini tidak mempunyai prosessor sendiri. Maka nanti akan memakai resource dari prosessor utama.

VGA Card Integrated sering menggunakan sistem shared memory karena tidak mempunyai RAM sendiri, dengan menggunakan sebagian memory utama yang ada di komputer. Biasanya yang diatur melalui BIOS adalah tentang pembagian jumlah kapasitas memory atau RAM yang dialokasikan pada sebuah Integrates graphic controller.VGGA

Expasion VGA Card

Sebenarnya yang cocok disebut VGA Card itu jenis yang satu ini, kenapa? Karena di dalam komponen ini ada prosessor tersendiri yang berfungsi untuk memproses grafis. Untuk sebutan prosessor pada perangkat buatan NVIDIA tersebut adalah Graphics Processing Unit atau GPU, serta pada VGA Card buatan Ati yaitu Visual Processing Unit atau VPU.

Expansion VGA Card juga memiliki RAM sendiri namun terpisah dari RAM utama di dalam komputer. Pada slot yang sudah tersedia pada Motherboard baik PCI ataupun PCI Ecpress VGA ini berupa sebuah komponen tambahan yang telah terpasang di slot tersebut.

Demikian ilmu tambahan yang saya berikan tentang VGA yang memProses Grafis Pada Komputer ini semoga dapat bermafaat khususnya bagi saya dan umumnya bagi kita semua.

tags: , ,

Related For Pemroses Grafis Pada Komputer | VGA Card