Pengertian Base Data dan Menurut Para Ahli

Sunday, April 23rd 2017. | Blog, Komputer, Multimedia, Software
Sponsored Links

Pengertian Base Data dan Menurut Para Ahli– Hay sobat, bagaimana kabar anda hari ini? Pastinya baik dan sehat-sehat saja dong. Okeh dipertemuan kita hari ini saya akan membahas tentang “Pengertian Base Data dan Menurut Para Ahli” untuk anda. Nah bagi anda yang belum mengetahui tentang Data basis disini saya akan mengenalkan kepada anda. Baik langsung saja saya akan menerangkan sebagai berikut.1

Bagaimana pendapat menurut para pakar tentang system basis data ini? Basis data atau database, itu berasal dari dua kata yaitu basis dan data. Basis data ataupun yang sering disebut dengan data base pasti sering terdengar bahakan merupakan istilah yang wajib diketahui para penyuka dunia komputer. Data base ini banyak terlibat dalam urusan penyimpanan data digital dalam semua bidang yang menggunakan peralatan teknologi informasi.

Berikut ini adalah pengertian dari Base dan Data, yaitu antara lain:

  • Base

Base mempunyai kata yang dapat diartikan sebagai gudang atu markas, tempatnya barang berserang ataupun berkumpul.

  • Data

Data adalah kumpulan dari angka-angka maupun karakter yang tidak memiliki arti itu menurut Dhanta (2009:136). Sedangkan menurut Anisyah (2000:96) data adalah keterangan yang benar dan nyata.

Oleh karena itu dari kedua maka kita dapat mengambil kesimpulan bahwa basis data adalah kumpulan informasi yang disimpan didalam komputer secara sistematik sehingga dapat digunakan dengan mudah oleh program komputer untuk memperoleh informasi.

Berikut ini adalah base data menurut para ahli, yaitu:

  1. Menurut Chou

Database adalah kumpulan informasi yang bermanfaatyang diorganisasikan ke dalam tatacara yang khusus

  1. Menurut Toni Fabbri

Database adalah sebauh system file-file yang terintegrasi yang mempunyai minimal primateri key untuk pengulangan data.

  1. Menurut S.Attre

Database adalah koleksi data-data yang saling berhubungan mengenai suatu organisasi/enterprice dengan macam-macam pemakaiannya.

  1. Menurut Nugroho

Database adalah sebuah bentuk media yang digunakan untuk menyimpan sebuah data. Data base dapat diilustrasikan sebagai rumah atau gudang yang akan dijadikan tempat menyimpan berbagai macam barang.

  1. Menurut Gordon C.Everest

Database adalah koleksi atau kumpulan data yang mekanis , berbagi/shared, terdevinisi secara formal dan dikontrol terpusat pada organisasi.

  1. Menurut C.J. Date

Database adalah koleksi data operasional yang tersimpan dan dipakai oleh system aplikasi dari suatu organisasi. yaitu antara lain :2

  • Data input adalah data yang masuk dari luar system
  • Data output adalah data yang dihasilkan system
  • Data operasional adalah data yang tersimpan pada system

Jadi secara konsep, database adalah kumpulan dari data-data yang membentuk suatu berkas file yang saling berhubungan relation dengan tatacara yang tertentu untuk membantu data baru atau informasi pada Komputer, basis data disimpan dalam perangkat hardware penyimpanan dan dengan software tertentu dimanipulasi untuk kepentingan atau kegunaan tertentu.

Nah itu tadi pembahasan saya tentang “Pengertian Base Data dan Menurut Para Ahli” yang telah saya rangkum khususnya untuk anda. Semoga dengan artikel saya ini bisa berguna dan bermanfaat untuk anda semua dan apabila ada kesalahan kalimat atuapun kekurangan kata kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

^_^TERIMAKASIH^_^

tags: , ,

Related For Pengertian Base Data dan Menurut Para Ahli