Pengertian Dan Fungsi Modem

Sunday, July 3rd 2016. | Aksesoris, Hardware
Sponsored Links

de

 

 

Mengenai pembahasan pengertian dan fungsi modem, pada kesempatan kali ini saya akan langsung membahas nya. Pasti yang namanya pengguna internet tidak lepas dari MODEM, apakah itu Modem prabayar ataukah Pascabayar, kalau saya sendiri lebih memilih memakai dua jenis modem, yakni modem dengan koneksi CDMA dan GSM, kalau yang CDMA, saya pakai dirumah saja, dan yang satu lagi yaitu GSM, saya pakai kalau lagi bepergian ketika saya lagi berada ditempat yang tidak ada sinyal free hospot Wi-Fi nya, nah disitulah saya masukan modem saya pada laptop saya, baiklah kawan berikut ulasan lengkap versi hasbi mengenai fungsi dan jenis-jenis modem yang saya rangkum dari berbagai sumber yang ada di Internet tentang pengertian dan fungsi modem.

  • Pengerttian Lengkap Tentang Modem

Modem adalah singkatan dari “ Modulator Demodulatorm “ secara terpisah modulator demodulator mempunyai arti yang berbeda-beda. Modulator dapat diartikan sebagai bagian yang kegunaannya menjadikan sinyal informasi sehingga dapat berubah menjadi sinyal pembawa Carrier sehingga dapat dikirimkan, Sedangkan Demodulator dapat diartikan sebagai bagian yang kegunaannya memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima, Sehingga informasi yang didapatkan tersebut dapat diterima dengan secara baik.

 

Dari uraian diatas, Maka modem dapat diartikan sebagai perangkat keras yang berfungsi sebagai alat komunikasi yang berjalan dua arah. Walau pada dasarnya semua alat komunikasi dari jarak jauh merupakan alat komunikasi dua arah dan selalu menggunakan bagian yang disebut “ modem “, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya. Namun pada umumnya istilah Modem lebih sering digunakan untuk perangkat keras yang digunakan berkomunikasi internet pada komputer.

 

  • Fungsi Modem

Fungsi modem yaitu untuk mengubah sinnyal digital menjadi sinyal suara dan juga sebaliknya dewasa ini modem telah berkembang dengan berbagai fasilitas yang cukup bermanfaat, misalnya voice modem. Dengan adanya fasilitas voice modem ini, merubah fungsi modem bukan hanya sebagai penyambung ke internet tetapi lebih dari itu, modem dapat menjadi saluran radio, audio, percakapan telepon sampai streaming video.

 

Data yang berasal dari sebuah komputer berbentuk sinyal digital modem yang diarahkan kepada modem, kemudian modem mengubah sinyal tersebut menjadi sinyal analog, agar bisa dikirimkan. Setelah sinyal digital telah berubah menjadi sinyal analog, lalu dikirimkan melalui media telekomunikasi seperti telepon dan radio. Setibanya di modem, tujuannya sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer penerima.

 

  • Jenis – Jenis Modem

Jika dilihat dari bentuk fisiknya, modem juga dapat digolongkan menjadi dua jenis, yaitu modem external dan modem internal , Modem terbagi atas :

 

  • Modem Analog,analog2

    yaitu modem yang mengubah sinyall analog menjadi sinyal digital.

  • Modem ADSL,adsl

    yaitu perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau router ke saluran telepon, untuk menggunakan ADSL.

  • Modem Kabel,kabel

    yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel.

  • Modem CDMA,cdma

    yang umumnya modem cdma berbentuk usb flashdisk yang dapat digunakan sewaktu-waktu. Kecepatan cdma telah mencapai 3x sistem koneksi dialup.

  • Modem GSM,gsm

    mempunyai kesamaan dengan modem CDMA,yaitu komunikasi GSM(GLOBAL SYSTEM FOR MOBILE COMMUNICATION).

  • Modem Dial-UP,dial-up

    yaitu Akses jaringan komputer melalui jalur telepon dengan menggunakan modem.

Demikianlah ulasan dari saya, tentang membahas “ Pengertian, fungsi dan Jenis Jenis Modem “ , Semoga bisa lebih memberi manfaat dari beberapa jenis modem yang saya sebutkan diatas …. Selamat Menggunakan Modem Anda Dengan Secara Baik ….

 

tags: , ,

Related For Pengertian Dan Fungsi Modem