Pengertian dan Fungsi Power Supply serta Cara kerja Power Supply

Wednesday, January 6th 2016. | Hardware, Komputer
Sponsored Links

Dengan cuaca yang cerah ini saya akan menuliskan untuk kalian tentang Power supply, tentunya para pengguna komputer udah tau dong Power supply kecuali yang belum tahu, hehe. Kata Power supply pasti kita langsung tertuju pada hardware karena memang Power supply adalah perangkat keras komputer yang sangat berperan di dalam komputer.

power supply

power supply

Meskipun banyak komponen – komponen yang lain yang sangat berperan dalam komputer Power supply pun juga termasuk komponen yang terpenting di perangah komputer. Bayangkan sajaseandainya komputer tidak mempunyai komponen power supply apakah komputer anda akan berjalan maksimal ? atau malah komputer anda akan mati ?. nah untuk itu kita harus tahu tentang Power supply agar wawasan kita bertambah.

Pengertian Power supply

Power supply merupakan perangkat keras komputer (hardware). Yang mana power supply ini sangat berperan karena di dalam Power supply terdapat banyak kabel yang menghubungkan antara perangkat satu dengan perangkat lainnya. Power supply terletak di dalam cassing bagian belakang.

Fungsi Power supply

Dengan adanya kabel – kabel yang banyak di dalam Power supply menjadikan Power supply mempunyai fungsi untuk menyediakan tegangan listrik, tegangan listrik yang di sediakan oleh Power supply adalah untuk perangkat – perangkat lain yang ada di dalam cassing. Selain itu Power supply juga mempunyai fungsi lain yang mana fungsi ini sangat di butuhkan oleh perangkat komputer. Yaitu sebagai pengubah arus AC (arus bolak – balik) menjadi arus DC (arus satu arah), mengapa harus di ubah menjadi DC ? karena perangkat komputer tidak bisa menerima arus AC hanya bisa menerima arus DC agar komputer dapat beroperasi.

Cara kerja Power supply

Saat anda menekan tombol Power pada komputer, di saat itulah Power supply akan bekerja. Kerjanya yaitu melakukan tes dan cek saat tombol Power anda tekan sebelum System start bekerja, jika tes dan cek sudah berhasil dan sukses maka sinyal khusus akan di kirimkan kepada motherboard, biasanya di sebut dengan Power Food.

Itulah pengertian Power supply , fungsi Power supply serta cara kerja Power supply yang bisa saya tuliskan untuk anda. Semoga membantu anda dalam hal Power supply, jangan lupa juga baca artikel yang lain dan pastinya anda akan lebih berwawasan, di jamin deh.

tags: , , , ,

Related For Pengertian dan Fungsi Power Supply serta Cara kerja Power Supply