Pengertian G-Sync versi komputerlamongan.com

Saturday, December 20th 2014. | Hardware
Sponsored Links

Free Sync dan G Sync, apakah anda sudah pernah mendengar tentang ke dua kata tersebut? Jika anda setia mengikuti konten yang ada di komputerlamongan.com anda akan mendapatkan salah satu konten yang pernah membahas tentang Free Sync. Free Sync dan G sync sebenarnya adalah dua teknologi serupa namun keduanya berasal dari dua perusahaan yang berbeda. Jika Free Sync dikembangkan oleh AMD, G sync dikembangkan oleh Nvidia. Dengan hadirnya teknologi ini membuat kedua perusahaan tersebut saling berpacu menjadi yang terbaik dalam memberikan teknologi yang terbaik untuk penggunanya.

Nvidia G-Sync

Nvidia G-Sync

G-Sync atau lebih lengkapnya NVIDIA G – SYNC adalah terobosan teknologi layar baru yang memberikan pengalaman gaming halus dan tercepat yang pernah ada. Kinerja revolusioner G – SYNC yang dicapai dengan sinkronisasi tampilan refresh rate ke GPU GeForce ke dalam PC anda yang ditenagai oleh GTX. Dengan teknologi G-Sync ini dapat menghilangkan layar robek dan meminimalkan tampilan gagap dan lag yang sering dialami pengguna komputer akibat dari ketidak sinkronanya antara GPU dan refresh rate monitor. Hasilnya adalah adegan muncul seketika , benda terlihat lebih tajam , dan gameplay super halus, memberikan pengalaman visual yang menakjubkan.

Cara kerja dari teknologi G – SYNC ini adalah menyinkronkan monitor ke output dari GPU bukan GPU ke monitor. Sinkronisasi antara GPU dan refresh rate monitor inilah yang menghasilkan respon yang lebih cepat sehingga gameplay bisa lebih responsive. Tokoh-tokoh industri seperti John Carmack , Tim Sweeney , Johan Andersson dan Mark Rein terpesona oleh teknologi NVIDIA G – SYNC dalam meningkatkan gameplay. Beberapa game yang sudah dicoba menggunakan teknologi G-Sync ini seperti game soccer yang mendapatkan refleks pemain dengan skill yang lebih baik, game-game online juga semakin mulus. Berkat teknologi ini bahkan perintah keyboard menjadi lebih baik saat digunakan untuk bermain game.

nvidia-gsync-monitor

nvidia-gsync-monitor

G – SYNC adalah sebuah perangkat (hardware) dimana alat tersebut ditanamkan di dalam monitor. Wujud dari perangkat G-Sync ditunjukan seperti pada gambar dibawah ini:

gsync-module

gsync-module

NVIDIA menjalin kerjasama dengan sejumlah produsen monitor seperti ASUS, BenQ, Philips, dan Viewsonic dalam menghadirkan monitor dengan perangkat G-Sync di dalamnya. Salah satu produk Asus yang telah menggunakan teknologi G-sync ini adalah ROG Swift PG278Q, monitor LED yang sangat tipis sekitar 6mm, dengan display 27 inch, Refresh rate yang tersedia 60Hz, 120Hz, dan juga 144Hz. Monitor ini per 20 Desember 2014 dibanderol dengan harga Rp. 10 juta. Harga yang cukup tinggi bagi sebuah monitor, namun harga ini juga sepadan dengan teknologi yang diusungnya.

tags: , ,

Related For Pengertian G-Sync versi komputerlamongan.com