Pengertian Modem, Fungsi Modem, Jenis Modem

Saturday, December 27th 2014. | Aksesoris, Hardware
Sponsored Links

Sekarang saya akan menjelaskan tentang apa yang di maksud dengan modem itu? Pengertian dan fungsinya modem itu? Modem ini merupakan sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk menyambungkan sebuah ke jaringan. Dan hari ini saya akan membahas tentang adanya modem ini? Dan apakah fungsinya dan jenis modem?

modem

Sebelum saya membahas ini saya akan mengenalkan tentang pengertian dan fungsinya modem, kalian-kalian membaca lah artikel ini tentang definisinya perangkat keras computer dan di sini tujuan nya untuk memahami biar lebih jauh. Ataukah mengenal lebih lebih luasnya mengenai tentang perangkat keras computer.

Perangkat modem

Modem itu adalah sebuah singkatan dari modulator dan demodulator. Modulator itu berfungsi untuk melakukan proses data pada sebuah sinyal itu agar dapat anda dapat di kirim ke pengguna melalui sebuah media tertentu. Dan proses ini juga di sebut dengan sebuah proses modulisasi. Pada proses ini dari data sebuah computer ini berbentuk sinyal digital yang akan di ubah dengan menjadi sebuah sinyal analog. Akan tetapi sebuah demodulator itu berfungsi sebagai proses yang mendapatkan kembali sebuah data yang sudah di kirim oleh sebuah pengiriman. Dan pemprosesan ini juga akan di pisahkan oleh frekuensi tinggi dan data yang berupa sebagai sinyal dialog aan di ubah oleh sinyal dialog yang dapat computer baca.

Fungsi modem

Fungsinya modem yaitu suatu perangkat keras yang berfungsi sebagai berkomunikasi ke dua arah yang dapat mengubah sinyal digital yang menjadi sinyal dialog ataupun sebaliknya untuk mengirimkan suatu pesan atau kan data yang mau di kirm ke alamat yang sesuai atau yang mau di tuju. Dan ini juga dapat di artikan oleh perantara yang menghubungkan ke computer ke sebuah jaringan internet.

Jenis-jenis modem

Di dalam modem ini banyak jenis-jenisnya yang pada saat ini, yaitu jenis modem yang terdapat di bedakan oleh sebuah pemasangan dan jaringan lainnya. Akan tetapi berdasarkan oleh sebuah modem ini bisa di bedakan menjadi modem internal dan eksternal. Berdasarkan jaringan modem yang bisa anda bedakan menjadi sebuah modem yang dengan media kabel dan modem dengan media tanpa kabel.

  • Modem internal

Modem internal ini merupakan sebuah modem yang kartu di pasangkan pada sebuah slot motherboard. Di dalam modem internal ini mempunyai keuntungan yaitu cara pemasangannya mudah dan harganya relative dan murah.

  • Modem eksternal

Modem eksternal ini merupakan sebuah modem yang di pasang di luar computer, dan biasanya dipasangkan di slot USB.

  • Modem pakai kabel

Modem yang pakai kabel ini merupakan sebuah modem yang di gunakan untuk kabel sebagai media perantaranya. Misalnya: tv kabel, dan jaringan telepon.

  • Modem tanpa kabel

Modem tanpa kabel ini merupakan modem ini menggunakan media tanpa kabel yang melalui perantara. Misalnya: modem GSM, modem CDMA, dan lain-lain.

tags: , ,

Related For Pengertian Modem, Fungsi Modem, Jenis Modem