Pengertian Motherboard serta Komponen-Komponennya

Tuesday, April 25th 2017. | Hardware
Sponsored Links

Pagi ini saya akan menjelaskan komponen – komponen pada motherboard, tentunya anda tidak asing lagi kan apa itu motherboard ?. Saya akan sedikit mengulas pengertian motherboard untuk yang belum mengetahuinya. Motherboard merupakan papan induk sebuah perangkat, yang mana semua perangkat akan tersambung pada motherboar karena motherboard mempunyai fungsi sebgai penghubung perangkat apapun ke komputer, motherboard juga bisa di katakan sebagaai ibunya semua perangkat yang tersambung oleh komputer baik itu secara langsung maupun tersambung secara tidak langsung.

bagian-bagian motherboard

bagian-bagian motherboard

Tidak mungkin motherboard akan berdiri sendiri tanpa ada komponen – komponen lain yang membantu kerja sang motherboard.

Komponen – Komponen Pada Motherboard :

  • Processor socket / soket CPU. Di dalam motherboard terdapat dua jenis soket yaitu soket LIF (Low Insertion Force) serta soket ZIF (Zero Insertion Force). Soket LIF adalah model soket processor yang lama sedangkan soket ZIF adalah model soket processor yang baru. Meskipun ada dua model soket pada motherboard tapi fungsi yang di miliki tetap sama yaitu untuk menginstall.
  • North Bridge adalah komponen yang sangat penting di dalam motherboard, letaknya di sebelah soket processor. North Bridge juga berhubungan dengan slot RAM, socket processor dan slot AGP serta sebagai titik fokus atau titik utama motherboard.
  • South Bridge merupakan komponen utama motherboard seperti halnya North Bridge. Dan selalu terhubung dengan konektor SATA, slot PCI, BIOS, IDE primer maupun sekunder serta konektor floppy Drive.
  • Slot RAM, sebagai komponen motherboard yang mempunyai fungsi untuk jembatan agar RAM bisa terpasang.
  • Slot AGP mempunyai fungsi sama seperti slot RAM yaitu sebagai jembatan AGP Cadr. AGP Cad adalah kartu untuk Games 3D.
  • Slot PCI (Peripheral Component Interconnect) adalah jembatan untuk memasukan Add – On Cadr. Add – on Cadr terdiri seperti sound Cadr, LAN Cadr dan TV Tuner Card.
  • CMOS (Complimentary Metal Oxide Semicondutor) merupakan baterai yang menyediakan kekuatan memori yang ada pada motherboard yang mana fungsinya untuk menyimpan hasil settingan kita pada komputer seperti sttingan waktu. Itu bertujuan agar saat kita menghidupkan komputer kita tidak lagi menyetting waktu lagi jadi langsung otomatis.
  • Primary and Secondary IDE Interfaces atau di sebut dengan IDE konektor / konektor PATA. IDE (Integrated Device Electronics) berfungsi untuk menyambungkan perangkat IDE seperti CD, DVD Drive maupun hardisk.
  • Konektor SATA berfungsi untuk menyambungkan perangkat serial ATA dan kepanjangan dari SATA sendiri adalah Serial Advanced Technology Attachment.
  • BIOS (Basic Input Output System) merupakan komponen penting untuk motherboard karena mempunyai fungsi yaitu untuk mengerjakan POST (Power On Self Test).

Demikian yang bisa saya tuliskan tentang komponen – komponen motherboard, semoga membantu.

Incoming search terms:

  • pengertian integrated device electronics primer
tags: , , , ,

Related For Pengertian Motherboard serta Komponen-Komponennya