Apa Arti dari RAM dan ROM

Sunday, May 8th 2016. | Blog
Sponsored Links

PENGERTIAN

 RAM

Ram yang merupakan singkatan dari Random Access Memory adalah sebuah erangkat keras komputer yang berfungsi menyimpan berbagai data dan instruksi logam,isi dari RAM dapat diakses secararandom atau tidak mengacu pada pengaturan letak data. Data didalam RAM bersifat sementara, dengan kata lain data yang tersimpan akan hilang jika komputer dimatikan atau catu daya yang terhubung kepadanya dicabut.

RAM biasanya juga disebut sebagai memory utama (main memory), penyimpanan utama (prymary memory0, memory internal (internal memory), penyimpanan utama (primary storage), memory stick, atau RAM stick. Bahkan terkadang orang hanya menyebutnya sebagai memory meskipun ada jenis memory lain yang terpasang dikomputer.

RAM merupakan salah jenis memory internal yang mendukung kecepatan processor dalam mengolah data dan instruksi. Dengan menggunakan tambahan RAM ke dalam komputer yang menghasilkan pengaruh positif pada kinerja dan kecepatan komputer, meskipun RAM sebenarnya RAM tidak menentukan kecepatan komputer.

Modul memory RAM yang umum berdagang berkapasitas 128 MB, 256 MB,512 MB, 1GB, 2GB, dan 4 GB.

RAM juga berfungsi mengolah data dan instruksi yang ditulis atau dibaca oleh buah sistem bagian komputer yang sangat penting. Dengan fungsi tersebut maka anda bisa menjalankan dua aktifitas sekaligus, yaitu menulis dan memebaca data dari RAM. Semakin berat aplikasi yang dijalankan, maka bobot RAM akan semakin besar.

Ada 4 macam tipe memory komputer,yaitu :

1. Rando Access Memory

2. Read Only Memory

3. CMOS Memory

4. Virtual Memory

JENIS-JENIS RAM

Berdasarkan cara kerja :

1. Dynamic RAM (DRAM)

• FastPage Mode DRAM (FPM DRAM)

• Extended Data Output DRAM (EDO DRAM)

• Synchronous DRAM (SDRAM)

• Rambus DRAM (RDRAM)

• Double Data Rate SDRAM (DDR SSDRAM)

Untuk video :

• Video RAM (VRAM)

• Windows Ram (WRAM)

• Synchronous Graphic RAM (SGRAM)

2. Static RAM (SRAM)

RAM terdiri dari sejumpulan chip. Chip-chip ini mampu unutk menampung :

• Data untuk diproses

• Instruksi atau progaram, untuk memproses data

• Data yang telah diproses dan menunggu untuk dikirim ke ouput device, scondary storage atau juga communication device

• Instruksi sistem operasi yang mengontrol operasi-operasi dasar dari sistem komputer.

Struktur RAM dibagi menjadi 4 bagian, yaitu :

I. Input Storage, digunakan menampng input yang dimasukkan lewat alat input

II. Program Stiorage, dipakai untuk menyimpan semua instruksi-instruksi progam yang akan diproses

III. Working Storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil dari pngolahan

IV. Output Storage, digunekan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output

 ROM

ROM mempunyai tugas untuk menyimpan program yang sifatnya tetap atau permanen, tidak tergantung pada keberadaan arus listrik (nonvolatile), dan program yang tersimpan dalam ROM mempunyai sifat hanya bisa dibaca oleh para pengguna komputer. Menyimpan data pada ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca data ROM dapat dilakukan dngan mudah. Biasanya program/data yang ada dalam ROM ini diidi oleh pabrik uang membuatnya. Oleh karena sifat ini,ROM bisa digunakan untuk menyimpan frimware (perangkat lunak Yang berhubungan erat dengan perangkat keras).

JENIS-JENIS ROM

a. Mask ROM Mask ROM adlah ROMyang tidak bisa ditulis ulang (non-flashable) sehingga tidak dapat di Up-grade.

b. PROM (Programmable Read-Only Memory) PROM merupakan sebuah chip memory yang hanya dapat diisi data satu kali saja. Sekali saja program dimasukkan kedalam sebuah PROM, maka program tersebut akan berada pada PROM seterusnya.

c. EPROM (Erasable Programmable Read-Only Memory) EPROM adalah sebuah ROM yang dapat diprogram ualang atau dihapus. Berdasarkan proses pengisiannya terdapat dua jenis EPROM, yaitu UV EPROM dan EEPROM. UV EPROM (Ultra Violet EPROM) membutuhkan cahaya Ultra Violet untuk menghapus data yang ada di dalamnya, sedangkan EEPROM (Electrical EPROM) yang hanya menggunakan aliran listriksaja dalam menghapus atau mem-progam ulang isinya.

d. EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory) EEPROM adalah tipe khusus dari PROM yang bisa dihapus dengan memakai perintah elektris.

tags: , ,

Related For Apa Arti dari RAM dan ROM