Penggunaan VGA card DDR 3 pada mainboard DDR2

Thursday, November 13th 2014. | Aksesoris, Blog, Hardware, Komputer
Sponsored Links

Semenjak kemunculan windows 7 dan diperbarui lagi oleh windows 8 bahkan baru – baru ini sudah ada lagi yang terbaru yaitu windows 8.1 membuat banyak vendor game mengeluarkan game dengan spesifikasi tinggi. Dan yang menjadi jurus maut dari game yang mereka luncurkan adalah kualitas 3D yang ditampilkan. Tentu kualitas grafis juga menjadi acuan bagi komputer yang akan menjalankan game-game tersebut. Tidak hanya game saja yang menuntut grafis tinggi. Sekarang ini banyak aplikasi pengolah gambar seperti photoshop dan juga corel draw juga mengeluarkan produk barunya yang menutut spesifikasi komputer yang tinggi. Bahkan untuk aplikasi pengolah film atau movie maker juga membutuhkan open GL yang tinggi apabila tidak mencapai spek minimum maka aplikasi tersebut juga tidak akan bisa di jalankan.

VGA Card

VGA Card

Kualitas grafis yang tinggi memang akan membuat user yang menjalankanya bisa menikmati setiap detail gambar yang ditampilkan. Untuk para profesionl yang bekutik pada bidan gambar kualitas gambar adalah yang menjadi makanan utamanya. Semakin tinggi pixel gambar tentu kualitas gambar yang dihasilkan juga akan semakin baik. Namun kendala utama yang dihadapi adalah disaat mencipatkan citra gambar tersebut dengan perangkat yang dimiliki. Gambar yang diambil dari mata kamera professional biasanya menggunakan High Definition camera atau camera HD dan camera recorder dengan resolusi yang tinggi. Dan aplikasi yang pengolah gambar pun juga selalu di update untuk mendapatkan fitur-fitur terbaru. Dan komputer sekali lagi berperan penting untuk menyempurnaan pencitraan gambar yang diambil.

Game-game yang dikeluarkan oleh pabrikan ternama seperti konami, capcom, ea, game loft dan lain sebagainya sekarang ini semuanya berbasis game 3D. mengikuti tren pasar yang berkembang dan kemajuan teknologi 3D para pabrikan tersebtu tak segan mengeluarkan gocek yang tinggi untuk menciptakan gambar kualitas 3D yang sempurna bahkan hampir mendekati aslinya. Dan agar game-game tersebut hanya bisa dimainkan apabila spek komputer juga mencapai spek minimal yang dibutuhkan game tersebut agar bisa berjalan. Walaupun bisa mencukupi spek minimal namun terkadang game-game tersebut masih belum bisa berjalan dengan lancar itu semua karena kemampuan out put grafis komputer belum cukup untuk bisa mengangkat game berkualiltas 3D. lalu bagaimana cara agar komputer kita bisa menjalankan aplikasi berbasis 3D jawabanya adalah kita perlu mengupgrade komputer kita dengan menambahkan VGA card atau biasa disebut kartu grafis.

Pada dasarnya di mainboard atau motherboard entah itu pada PC atau laptop, memang sudah tersematkan VGA atau biasa dikenal dengan istilah VGA onboard. Namun hingga saat ini belum ada mainboard yang menawarkan VGA onboard dengan ukuran yang tinggi. Untuk PC saja yang paling sering dijual dipasaran VGAnya hanya berukuran 256MB walaupun ada juga yang menawarkan hingga 512Mb. Tapi itu masih belum cukup untuk mengangkat grafis yang tinggi dan jika dipaksakan sudah pasti kerusakan motherboardlah yang menjadi resikonya.

Untuk mengatasi kekurangan VGA tersebut VGA Cardlah yang menjadi solusinya. Saat ini ukuran VGA card ada yang sampai 1Gb, 2Gb bahkan lebih dari itu. Rahasia apa yang tersimpan hingga VGA card mampu mengangkat performa grafis komputer?

Pada VGA card memori sudah berdiri sendiri, kemudian chipset juga sudah tidak lagi satu badan dengan mainboard. Jadi karena semua komponen grafisnya sudah berdiri sendiri maka kinerja pengolah grafis bisa berjalan dengan optimal. Memori yang berkembang saat ini juga sudah beraneka macam. Ada memori DDR2, DDR3, DDR4 bahkan sudah ada yang diatas itu ada yang DDR5. Lalu bagaiamana dengan perkembangan memori pada mainboard saat ini? Sekarang ini mainboard yang tersedia baru mencapai DDR3. Polemik yang baru muncul lagi, yaitu kalau komputer baru mencapai DDR3 tetapi mau di upgrade dengan VGA card dengan DDR yang lebih dari itu apakah kira-kira masih support atau tidak. Dari pengalaman yang pernah dilakukan sendiri oleh penulis yang komputernya hanya DDR2 tetapi dia memakai VGA card DDR3 semuanya bisa berjalan aman-aman saja bahkan bisa dibilang aman sejahtera. Tidak ada efek atau kendala apapun yang terjadi selama penulis mencoba melakukan hal ini. Dari uraian di atas kita sudah memahami bahwa VGA card itu sudah berdiri sendiri dan tidak lagi ikut memakan memori RAM jadi penggunaan VGA card yang berbeda DDRnya tidak ada pengaruhnya. Yang terpenting dan perlu diperhatikan adalah jenis VGA card itu sendiri. Disini mainborad yang support PCI Express mau dikasih VGA card DDR berapapun tidak masalah. Jadi anda bebas mengupgrade PC anda asal slotnya sama, jika slotnya PCI Expres maka gunakan juga VGA card yang support PCI Express bukan slot yang lain.

VGA card berperan sangat penting untuk mendapatkan kualitas gambar yang maksimal. Semakin tinggi ukuran VGA yang dipasang maka semakin bagus pula kualitas gambar yang dihasilkan. Dan untuk mensuport agar performa lebih maksimal maka memori RAM juga harus ikut diupgrade dengan ukuran yang lebih besar. Demikian tulisan ini semoga bermanfaat bagi anda untuk memilah dan memilih VGA card yang anda inginkan.

Incoming search terms:

  • vga ddr2
  • vga ddr3 dipasang di motherboard ddr2
  • vga card
  • gambar vga card
  • bisakah vga card ddr3 dipasang di motherboard ddr2
  • matherboard ddr2 bisa ngga di pasang ram ddr3
  • mobo ddr2 dipasang vga ddr3
  • vga yg cocok untuk ddr2
tags: , ,

Related For Penggunaan VGA card DDR 3 pada mainboard DDR2