Pengisi Baterai Portabel

Wednesday, May 18th 2016. | Hardware
Sponsored Links

peng

Pengisi Baterai Portabel adalah sebuah piranti yang digunakan untuk memasukkan energi listrik ka dalam baterai yang bisa diisi ulang tanpa harus menghubungkan piranti tersebut pada outlet listrik. Pengisi baterai ini disebut portabel karena berbeda dengan pengisi baterai yang harus dihubungkan pada outlet listrik, pengisi portabel dapat digunakan tanpa harus menghubungkan pada perangkat listrik. Namun pengisi baterai portabel ini memiliki daya tampung energi lstrik sehingga ketika daya tersebut telah habis terpakai, energi listrik harus kembali dengan cara menghubungkan kabel dengan outlet listrik. Pengisi baterai portabel ini tidak hanya bisa untuk mengisi baterai handphone, tetapi juga dapat mengisi ulang perangkat lain seperti iPod, iPad, mp3 player, tablet, dan peranghkat lainnya.

Cara menggunakan pengisi baterai baterai portabel ini adalah dengan menghubungkan kabel konektor perangkat dengan pengisi baterai portabel. Kabel konektor yang menghubungkan perangkat dengan pengisi baterai portabel pada satu ujung kabel kabel pengisi baterai portabel seperti penghubung USB yang dicolokkan pada pengisi baterai portabel dan unjung yang lain berbentuk sesuai dengan tempat pengisi perangkat yang disesuaikan.

Kapasitas Daya Pengisi Baterai Portabel

Kapasitas daya pengisi baterai portabel yang ada sangat bermacam-macaportabelm. Kapasitas daya pengisi baterai portabel ditunjukkan dengan satuan mAh. Dimulai dari 1000 mAh, 1500 mAh, 2700 mAh, 4000 mAh, 5200 mAh, 6000 mAh, 8000 mAh, 9000 mAh, 12000 mAh, bahkan ada yang hingga 18000 mAh. Pengisi bnaterai portabel juga memiliki tegangan output. Tegangan output standar yang dimiliki oleh pengisi baterai portabel yang ada memiliki tegangan output kurang dari 5 Volt.

Ada cara yang digunakan untuk memperkirakan daya pengisi baterai portabel yang sesuai dengan daya perangkat yang dipunya sehingga tidak terjadi kesalahan dalam memilih pengisi baterai portabel. Misal, pengisi baterai portabel memiliki kapasitas daya 5200 mAh dengan tegangan output 3,7 V. Kapasitas efektif dari pengisi baterai porabel ini adalah : 5200 x (3,7/5) = 3848 mAh. Namun, dengan adanya kemungkinan bahwa perangkat baterai portabel ini kehilangan daya yang dipunya sebanyak 15% atau kehilangan daya sebesar 577,2 mAh, maka kapasitas efektif murni yang dimiliki oleh pengisi baterai portabel adalah : 3848 – 577,2 = 3270,8 mAh.

Penggunaan Pengisi Baterai Portabel

Ada beberapa cara yang digunakan agar pengisi baterai portabel dapat bertahan lama sehingga tidak cepat rusak. Cara-carta tersebut adalah :

  • Selalu Mengisi Penuh Baterai Portabel
  • Membatasi Frekuensi Senter
  • Hindari Pengisi Baterai Portabel dari Suhu Ekstrim
  • Hindari Pengisi Baterai Portabel Terjatuh
tags: , ,

Related For Pengisi Baterai Portabel