Penyebab Dan Solusi Komputer Tiba-Tiba Restart Sendiri

Tuesday, April 14th 2015. | Blog, Hardware, Komputer, Software
Sponsored Links

depan-komputerMasalah yang mungkin dapat membuat kita jengkel, kesal, dan bahkan marah-marah sendiri adalah ketika kita sedang menggunakan komputer seperti mengerjakan tugas, mengetik artikel, main game, ataupun sedang browsing internet, lalu tiba-tiba disaat kita sedang serius langsung komputer melakukan restart sendiri. Suatu hal yang sangat menjengkelkan, apalagi bagi para gamer yang sedang asik bermain game nya.

Pada dasarnya suatu komputer akan melakukan restart sendiri dikarenakan sistem operasi yang terinfeksi virus atau permasalahan hardware.

Apabila anda ingin mengetahui lebih jelas penyebab dan solusi, lanjutkan membaca. Disini akan menjelaskan penyebab dan solusi komputer tiba-tiba restart sendiri:

  1. Masalah Sistem Operasi Yang Terinfeksi Oleh Virus

Penyebab:

Ada dua hal yang mengakibatkan virus masuk ke komputer.hal yang pertama adalah virus masuk ke komputer melalui media-media eksternal, seperti hardisk eksternal, flashdisk, memory card yang telah terjangkit virus didalamnya. Secara tidak sengaja kita membuka file yang berisi virus tersebut pada komputer kita, kemudian virus tersebut langsung menyebar didalam komputer.

Hal yang lain adalah virus masuk ke komputer kita melalui akses internet, seperti ketika kita sedang browsing atau juga ketika kita sedang mendownload, sehingga dengan tanpa kita sadari ada virus yang masuk ke komputer kita. Dari hal tersebut yang  menjadikan kesalahan adalah antivirus yang berada di komputer tidak ter-upgrade, terlebih lagi yang parah adalah komputer tidak terinstall software antivirus.

Solusi:

Apabila komputer anda masih termasuk terinfeksi virus yang ringan, maka solusi ini termasuk paling pertama dilakukan. Siapkan terlebih dahulu software antivirus, disini untuk contoh yaitu Norman Malware Cleaner dari Norman. Bila usdah disiapkan, selanjutnya matikan komputer yang sering restart, kemudian hidupkan kembali. Ketika setelah menghidupkan segera langsung tekan tombol F8, kemudian pilih “Safe Mode” lalu tekan Enter. Tunggu loading sehingga muncul tampilan dekstop safe mode.windows-safe-mode

Selanjutnya jalankan Antivirus Norman Malware Cleaner atau yang lain, lalu scan directory semuanya pada hardisk. Biarkan semua directory dan file yang di scan sehingga selesai. Semua file yang terdeteksi atau terinfeksi virus/malware akan di delete atau di repair secara otomatis. Setelah semuanya selesai, kemudian restart komputer.

Belum selesai sampai disini. Terkadang virus akan melakukan perubahan pada registry. Bisa diperiksa secara manual pada regitry untuk dapat memperbaikinya. Setiap virus memiliki karakteristik yang berbeda tergantung si pembuat virus. Bagi yang tidak paham akan registry, tidak dianjurkan untuk mengedit registry windows. Untuk jalan alternatif, para pengguna Windows XP dapat menggunakan XPQuick Fix Plus untuk memperbaiki registry.

Catatan : setelah semua selesai, langsung upgrade antivirus anda !!

  1. Masalah pada Hardware (bisa terjadi karena komponen tidak terpasang dengan benar, atau bisa terjadi karena hardware overhead)

Apabila komputer anda tidak bermasalah akan adanya suatu virus, maka kemungkinan terbesar bermasalah pada hardware. Bisa terjadi karena salah pemasangan ketika baru ganti komponen hardware seperti pemasangan kipas processor yang kurang baik, sehingga mengakibatkan suhu CPU meningkat drastis. Biasanya apabila kerusakan terjadi arena masalah hardware, komputer akan menampilkan pada tampilan dekstop windows yaitu layar biru atau blue screen/BSOD (Blue Screen Of Death). Jika komputer sudah terjadi seperti ini, maka ketika menghidupkan komputer segera tekan tombol F8 pada keyboard, kemudian pilih “Disable restart on system failure” tujuannya supaya dapat membaca keterangan yang muncul ketika terjadi blue screen.

Demikian ulasan artikel tentang Penyebab Dan Solusi Komputer Tiba-Tiba Restart Sendiri. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil. Terimakasih kunjungannya.

Incoming search terms:

  • Dekstop restart sendiri ketika main game
tags: , , ,

Related For Penyebab Dan Solusi Komputer Tiba-Tiba Restart Sendiri