Penyebab Laptop Overheating

Wednesday, February 24th 2016. | Komputer
Sponsored Links

overheat

Pengguna jenis laptop telah semakin popular. Laptop telah digunakan bukan saja oleh para pelaku bisnis namun banyak juga kalangan pelajar yang menggunakanya. Salah satu penyakit yang sering timbul karena salahnya pemakaian adalah timbulnya panas yang berlebih atau disebut overheating.

Overheat atau kelebihan panas adalah effek panas yang terjadi oleh laptop yang disebabkan oleh beragam masalah. Tapi tahukah anda hal apa saja yang menjadi penyebab overheating tersebut? Tulisan kali ini akan saya coba untuk menguraikan hal yang biasanya menyebabkan masalah tersebut.

  1. Overheating disebabkan oleh fisik laptop. Sebuah laptop dirancang dengan cermat ole produsen agar sedapat mungkin mencegah agar tidak sampai mengalami overheating. Namun kadang karena pemakaian yang salah dari pengguna itu sendiri yang menyebabkan kerusakan tersebut timbul. Karena sifatnya yang sangat portable maka pengguna latptop sering menggunakanya pada tempat-tempat yang memiliki permukaan yang kurang mendukung seperti di tempat tidur. Laptop membutuhkan sirkulasi udara untuk mencegah timbulnya overheating, oleh karena itu seharusnya di operasikan dipermukaan yang rata dan keras agar ada celah antara laptop dengan permukaan untuk mengalirnya udara. Hal kedua adalah menumpuknya debu pada kipas pendingin sehingga komponen tersebut tidak mampu bekerja secara optimal. Oleh karena itu pemakaian yang benar serta pembersihan kipas pendingin dari debu yang menempel secara periodik akan sangat membantu menghindari masalah overheating.
  1. Overheating yang disebabkan oleh software. Setiap system laptop dilengkapi dengan software untuk mengatur kipas pendingin. Biasanya menjadi satu paket dengan BIOS. Permasalahan ini biasanya dapat diatasi dengan melakukan upgrade BIOS. Masalah overheating juga dapat timbul setelah kita melakukan upgrade terhadap operating system (OS). Kebanyakan software ini ditujukan untuk berjalan baik pada sebuah OS.
  1. Overheating yang disebabkan oleh desain laptop. Oleh karena itu sangatlah penting untuk membaca komentar orang-orang yang telah menggunakan laptop dengan merk tertentu sebelum kita memutuskan untuk membeli laptop. Hal-hal tersebut perlu dilakukan karena dari komentar pengguna itulah kita dapat mengetahui performa dari laptop tersebut.

Sekian sedikit wawasan untuk anda semoga bermanfaat untuk anda sekalian.

Incoming search terms:

  • laptop overheat disebabkan
tags: , , ,

Related For Penyebab Laptop Overheating