PERAN ADMINISTRATOR PADA JARINGAN

Thursday, March 9th 2017. | Blog, Jaringan
Sponsored Links

 PERAN ADMINISTRATOR PADA JARINGAN-Hallo teman-temanku semua, bagaimana dengan kabar anda? Pastinya masih baik-baik saja dong. Okeh dipertemuan kita hari ini saya akan berbagi ilmu saya tentang”Peran Administartor dalam Jaringan” yang saya bagi khususnya untuk anda. Bagi anda yang belum mengetahuai Administrator disini saya akan menjelaskan sebagai berikut.

1

Apa sih Administrator itu ? Administrator adalah orang yang bertugas mengurus hal-hal yang bersifat administratif. Istilah administrator digunakan juga dalam jaringan komputer dan internet dimana administrator atau sering juga disebut dengan istilah admin memiliki wewenang dan peranan besar dalam mengendalikan suatu jaringan komputer, baik local maupun internet. Admin yang dimaksud dunia jaringan jaringan komputer adalah seseorang atau sebuah tim yang bertindak sebagai pengatur dalam suatu jaringan.

Berikut adalah beberapa tanggung jawab yang diemban oleh jabatan admin antara lain :

  1. Memastikan keamanan jaringan (security)

2

Melindungi komputer yang berada didalam suatu jaringan adalah tugas utama dari admin. Komputer danjaringannya harus terproteksi dari ancaman pihak lain yang tidak memiliki hak akses atau dari ancaman program jahat seperti virus dan malware. Pemilihan antivirus yang tepat dan mengatur hak akses dalam jaringan adalah salh satu hak mutlak yang dimiliki admin untuk menjalankan tugasnya dalam bidang ini

  1. Mengatur pengguna

3

Dalm perusahaan yang memiliki jaringan komputer yang kelas menengah, seorang admin mengatur dalam tugas pengguna jaringan tersebut. Admin harus tau dengan baik komputer mana saja dan dan sumber daya apa saja yang ada dalam jarinagn yang ia pimpin. Admin juga merupakn penengok dari aturan atau kebijakan perusahaan dalam mengakses jaringan sehingga bisa ditaati oleh seluruh pengguna jaringan tersebut. Misalnya memblokir akses jaringan social pada saat jam kerja dan lain sebaginya. Umumnya dalam jarinagan memiliki aku masing-masing.

  1. Mengatur cadangan data

CC

Tugas dari admin yang penting adalah tanggung jawabnya dalam membuat salina data sebagai cadangan dari data-data penting miliki suatu jaringan dari perusahaan atau instansi tertentu. Bacup ini berfungsi sebagai cadangan data-data saat terjadi hal-hal yang terjadi diluar dugaan seperti bencana alam, terhapus data secara tidak sengaja atau kerusakan perangkat karas  penyimpanan data. Dengan backup data, maka admin dapat menyelamatkan data penting perusahaan dan mengembalikannya seperti semula pada saat tinggal terjadinya backup.

  1. Troubleshooting atau penanganan masalah

4

Ini adlah pekerjaan wajib dari admmin dalam mengatasi masalah di dalam jaringan. Admin wajib menjaga jaringannya supaya dapat beraktivitas secara normal tanpa adanya masalh. Masalah yang timbual umumnya berupa masalah teknis seperti kerusakan pada komputer gangguan pada koneksi internet, kabel yng terputus dan lain sebagainya.

  1. Update atau pemutakhiran

5

Tugas ini umumnya berkaitan dengan perangakt lunak, namun tidak menutup kemungkinan juga perangkat keras, Ubdate sepertinya adalah hal sepele namun memiliki dampak besar dalam jaringan tesebut. Update perangkat lunak misalnya adalh updata system opersi dan antivirus, sedangak update perangkat keras misalnya penggantian perangkat router atau switch yang sesuai dengan tuntutan jaringan yang berkembang.

Inti dari pekerjaan admin adalah tanggung jawab atas kndisi dan kelancaran kinerja suatu jaringan komputer . Maka dari itu seorang admin harus memiliki keahlian khusus dalam penguasaan konsep dan implemensi jarinan jaringan ,  pengetahuan mengenai perangkat keras dan teknik pengkebalan.

 


 

Nah itu tadi pembahasan saya tentang “Peran Administrator pda Jaringan” yng telah saya rangkum untuk anda semua. Semoga dengan artikel ini bisa bermanfaat dan berguna untuk anda. Dan apabila ada kesalahan kata atau kekurangan kalimat kami dari Blog Lamongan Komputer mohon maaf yang sebesar-besarnya.

^_^TERIMAKASIH^_^

Incoming search terms:

  • administrator jaringan internet
  • peran administrator pada jaringan
  • seseorang yang bertugas mengurus jaringan internet disebut?
tags: , ,

Related For PERAN ADMINISTRATOR PADA JARINGAN