Perangkat Keras (Hardware)

Friday, April 15th 2016. | Blog, Hardware
Sponsored Links

Perangkat Pendukung Komputer (Hardware)

Hardware komputer

Hardware komputer

Hey, ketemu lagi sama ane nih critanye 😀
Oke, kita akan bahas tentang computer lagi nih, tapi kali ini ane mau melengkapi dan nerusin artikel yang sebelumnya yaitu Tentang Komputer. Disini ane akan menerangkan lebih lanjut mengenai Hardware dengan rincian beberapa penjelasan yang nantinya akan ane kemas ke wadah artikel nih, yang mana udah ane jelasin sebelumnya juga di artikel sebelumnya. Berikut dibawah ini :
1. Motherboard
Motherboard atau dalam bahasa indonesianya papan induk. Yaitu perangkat keras yang terdapat pada system computer yang berfungsi sebagai alat penghubung berbagai elemen atau komponen – komponen penyusun yang terdapat pada computer, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Bahkan motherboard bisa dibilang seperti “Backbone” yaitu tulang punggung computer, yang mana semua elemen – elemen yang terdapat di komputer pasti terhubung ke motherboard. Motherboard itu juga perangkat paling utama dan vital, yang menjadi lalu lintas untuk menghubungkan komponen – komponen computer.
Adapun fungsi dari Motherboard sendiri yaitu menghubungkan elemen – elemen perangkat keras dengan perangkat keras lainnya, bisa dibilang sebagai pusat lalu lintas penghubung antara komponen satu dengan komponen lainnya, seperti RAM, Power Suply, prosesor, monitor, hard disk, dan masih banyak lagi, juga kabel – kabel yang menghubungkan antara computer dan CPU hingga menuju ke motherboard yang setelah itu dihubungkan sebagai perintah untuk mengoperasikan system operasi computer.
2. Scanner
Scanner adalah perangkat keras masukan atau hardware input yang fungsinya untuk memasukkan data analog menjadi data digital dengan cara memindai dokumen atau gambar yang diolah dari scanner kedalam computer. Scanner hampir mirip dengan mesin fotocopy, hanya perbedaan pada keduanya yaitu, jika scanner,system kerjanya dengan memindai ke scanner dulu baru ke ayar monitor lalu di print atau dicetak di mesin printer, sedangkan mesin fotocopy itu sendiri hanyalah memindai gambar atau dokumen langsung ke mesin fotocopy, tanpa melalu layar monitor dahulu.
3. RAM
RAM merupakan hardware processing yang berfungsi sebagai sarana penyimpanan data untuk sementara waktu, yang mana cara kerjanya atau prinsip dari RAM itu sendiri hanya menyimpan data sementara, jika komputer hidup, maka akan terus diproses, tapi jika computer itu mati data yang diproses akan hilang, apabila tidak di simpan ke save file terlebih dahulu.
4. Power Supply
Power Supply adalah hardware processing yang berfungsi untuk menyalurkan listrik yang ada di dalam computer, jika tidak dialiri listrik maka PC pun tidak akan bisa nyala, dan salah satu pendukung hidupnya computer yaitu dengan listrik harus ada, jika listrik tidak ada, semua yang ada pada computer tidak akan bisa berfungsi. Berbeda dengan laptop, laptop masih bisa dijalankan dengan menggunakan cadangan baterai yang sudah tersedia, sehingga tidak menggangu pekerjaan, hanya saja baterai pada laptop hanya bisa dijalankan untuk sebentar saja, tidak dapat bertahan lama sampai berjam – jam, sampai istrik itu menyala lagi.

tags: , ,

Related For Perangkat Keras (Hardware)