Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya (HARDWARE)

Wednesday, February 11th 2015. | Hardware
Sponsored Links

Kemarin telah membahas tentang komponen-komponen Perangkat Keras Komputer (Hardware) yang terdapat didalam casing beserta fungsi-fungsinya, yaitu seperti Motherboard (papan utama), Central Processing Unit (CPU), Random Access Memory (RAM), Video Graphic Array (VGA card), Hard Disk Drive (HDD), Optical Disc Drive, dan Power Supply Unit (PSU).

Selain dari Perangkat Keras Komputer (Hardware) yang terdapat didalam casing ada juga komponen-komponen yang umu kita lihat diluar casing.

  • Monitor

    Monitor

    Monitor

Monitor disebut juga screen atau display. Fungsi dari layar monitor adalah untuk menampilkan gambar/video dan informasi grafis yang dihasilkan dari komputer melalui alat yang disebut kartu grafis (VGA Card). Monitor ini bentuk fisiknya hamper sama dengan televise, hanya saja televisi biasanya mampu menampilkan informasi grafis dengan ukuran resolusi yang lebih tinggi.

  • Keyboard dan Mouse

    Keyboard dan Mouse

    Keyboard dan Mouse

Keyboard dan mouse berfungsi sebagai alat input untuk memasukan printah teks, karakter, atau menggerakkan objek pada antarmuka grafis untuk diproses oleh komputer. Ukuran dan bentuk dari kedua alat ini cukup beragam, namun fungsinya sama saja.

Diluar komponen-komponen yang sudah kita sebut diatas, ada pula Perangkat Keras Komputer (Hardware) yang tidak semua komputer memilikinya.

  • Uninterruptible Power Supply (UPS)

    Uninterruptible Power Supply (UPS)

    Uninterruptible Power Supply (UPS)

UPS sering disebut juga sebagai baterei cadangan, fungsi utama dari UPS adalah menyimpan dan menyediakan cadangan listrik yang akan digunakan ketika sumber listrik utama padam. Selain sebagai cadangan listrik, kebanyakan UPS juga berfungsi sebagai “stabilizer” yang mengatur jalannya aliran listrik agar sesuai dengan yang dibutuhkan.

  • Printer dan Scanner

    Printer dan Scanner

    Printer dan Scanner

Printer berfungsi  sebagai alat output cetak dari dokumen  elektronik baik bentuk teks maupun grafis. Pada komputer rumahan biasanya menggunakan kertas sebagai media cetaknya. Sedangkan fungsi dari Scanner adalah kebalikan dari Printer yaitu memindai input data dari luar komputer kedalam bentuk elektronik yang dapat diolah secara digital.

  • Speaker

    Speaker

    Speaker

Fungsi dari Speaker adalah sebagai alat output suara yang dihasilkan dari komputer. Selain speaker, sering juga kita temukan orang yang menggunakan headphone/headset sebagai alat output suara.

  • Sound Card (Kartu Suara)

    Sound Card (Kartu Suara)

    Sound Card (Kartu Suara)

Sound Card Berfungsi sebagai penghubung antara komputer dan alat output audio seperti speaker.

  • Modem

    Modem

    Modem

Fungsi dari modem adalah untuk menghubungkan komputer ke internet.

  • LAN Card

    LAN Card

    LAN Card

LAN berfungsi sebagai penghubung komputer dalam suatu jaringan.

Demikianlah penjelasan umum mengenai Perangkat Keras Komputer dan Fungsi-fungsinya dari komputerlamongan.com. Semoga bermanfaat untuk anda semua.

Incoming search terms:

  • contoh gambar mous monitor kybot dan cpu
  • gambar monitor cpu mouse keyboard flashdisk speaker
tags: , , ,

Related For Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya (HARDWARE)