Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya (HARDWARE)

Thursday, June 16th 2016. | Hardware
Sponsored Links

Komputer adalah suatu alat yang dipakai untuk mengelola data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Didalam komputer ada 3 komponen yaitu software, hardware, brainware.

Di sini saya akan membahas tentang Perangkat Keras Komputer (Computer Hardware).

Perangkat Keras Komputer (computer hardware) adalah suatu komponen-komponen fisik yang membentuk satu kesatuan system Personal Computer (PC).

Perangkat-perangkat ini dirakit dan sebagian besar dimasukkan ke dalam sebuah casing komputer dan sebagian lain berada diluar casing komputer.

Perangkat Keras (Hardware) yang berada didalam casing umumnya terdiri dari :

  • Motherboard (papan utama)

    Motherboard

    Motherboard

Motherboard/mainboard adalah komponen utama yang membangun adanya sebuah komputer. Motherboard berbentuk persegi dengan slot-slot untuk memasukkan komponen-komponen lain. Fungsi Motherboard adalah untuk menghubungkan seluruh komponen PC. Perangkat keras komputer yang lainnya melekat langsung pada slot motherboard atau setidaknya terhubung menggunakan kabel.

  • Central Processing Unit (CPU)

    Central Processing Unit (CPU)

    Central Processing Unit (CPU)

Central Processing Unit (CPU) , kita juga biasa mengenalnya sebagai “processor” atau “otak” dari komputer. Funsi dari CPU ini adalah memproses dan mengolah semua kalkulasi dan perintah-perintah yang membuat komputer dapat dioperasikan. Karena panas yang dihasilkannya, CPU selalu dilengkapi dengan kipas dan juga heat sink untuk mengurangi suhunya. Pada jenis-jenis CPU terbaru, sudah dilengkapi pula dengan Graphic Processing Unit (GPU) yang terintegrasi ke dalam CPU, sebagai pengolah data-data grafis.

  • Random Access Memory (RAM)

    Random Access Memory (RAM)

    Random Access Memory (RAM)

RAM berfungsi sebagai tempat transit data sementara untuk operasi-operasi yang tengah dijalankan oleh CPU. RAM besifat volatile, yang artinya perangkat ini tidak menyimpan data secara permanen, hanya untuk operasi yang dibutuhkan saja. Kapasitas RAM pada PC yang sering kita jumpai cukup beragam, mulai dari 256MB (MegaBytes) sampai 16GB (GigaBytes).

  • Video Graphic Array (VGA)

    Video Graphic Array (VGA)

    Video Graphic Array (VGA)

VGA card atau kartu grafis berfungsi sebagai penghubung yang memungkinkan pengiriman data-data grafis antara PC dan perangkat display seperti monitor atau proyektor. Sebagian besar komputer memiliki VGA yang terpisah sebagai kartu ekspansi yang dipasang pada slot motherboard. Namun ada juga komputer yang mempunyai VGA terintegrasi pada motherboard atau pada CPU-nya.

  • Hard Disk Drive (HDD)

    Hard Disk Drive (HDD)

    Hard Disk Drive (HDD)

Hart Disk Drive (HDD) berfungsi sebagai tempat penyimpanan data utama dalam sebuah system komputer. System Operasi, Aplikasi, dan dokumen-dokumen disimpan pada hard-disk ini. Pada PC terbaru, ada juga perangkat keras baru yang bernama Solid State Drive (SSD). SSD funsinya sama seperti hard-disk, namun menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat.

  • Optical Disc Drive

    Optical Disc Drive

    Optical Disc Drive

Optical Drive biasa juga dikenal dengan nama CD Drive, DVD Drive atau ODD. Fungsi dari perangkat ini adalah untuk membaca dan juga menyimpan data dari dank e media cakram optic seperti CD, DVD, atau Blu-Ray Disc.

  • Powe Supply Unit (PSU)

    (PSU)

    Power Supply Unit (PSU)

Power Supply berfungsi sebagai pengkonversi dan mengukur energy listrik dari outlet sumber (misalnya listrik PLN) ke bentuk energi listrik yang dapat di gunakan untuk menjalankan komponen komputer yang berada didalam casing. Biasanya, PSU ini diletakan dibagian belakang casing.

Demikian Perangkat Keras Komputer (Hardware) yang terdapat didalam casing, mungkin akan dilanjutkan Perangkat Keras (Hardware) yang berada diluar casing pada konten oleh komputerlamongan.com berikutnya.

Incoming search terms:

  • 15 hardware beserta fungsinya komputer lamongan
tags: , , ,

Related For Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya (HARDWARE)