Perangkat Keras Komputer Dan Pengertianya

Wednesday, August 30th 2017. | Hardware, Komputer
Sponsored Links

Pada postngan kali ini saya akan menjelaskan tentang beberapa komponen yang diperlukan untuk membangun sebuah perangkat keras komputer. Komputer sendiri telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat .Secara fisik, komputer juga mempunyai komponen-komponen yang bisa kita sebut dengan hardware.
Hardware sendiri memiliki sifat yang berbeda dengan software yaitu dapat terlihat, diraba, dan bentuknya nyata. Jenis-jenis hardware pada komputer tidak hanya tertuju pada bagan dalam komputer saja. Melainkan semua perangkat yang mendukung kinerja komputer. Berikut penjelasannya.

1. Motherboard


Motherboard merupakan suatu papan sirkuit yang berguna untuk tempat komponen-komponen komputer seperti processor, harddisk, RAM dan sebagainya. Motherboard sendiri berupa papan utama yang berbentuk PCB dan mempunyai chip bios, jalur-jalur maupun konektor yang berguna untuk menghubungkan masing-masing perangkat.

2. Processor

 Processor

Processor

Processor adalah sebuah IC yang berguna untuk mengontrol seluruh jalannya sebuah sistem komputer. Processor atau CPU (centrak processing unit) bisa dibilang sebagai otak pada sebuah komputer, karena berguna untuk melakukan perhitngan maupun memerintah program yang akan dijalankan oleh komputer.

3. Hard Disk

Hard Disk

Hard Disk

Hard disk atau bisa disebut hard disk drive (HDD) adalah salah satu perangkat keras komputer yang berguna sebagai media penyimpanan. Dalam sebuah hard disk terdapat pula satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung oleh hard disk terebut.

4. PC Cooler/Heatsink

Heatsink

Heatsink

PC cooler/ heatsink merupakan jenis perangkat komputer untuk mengurangi panas pada komputer tersebut. Karena apabila komputer kita panas akan merusak hardware yang berada didalamnya, maka adanya PC cooler/ heatsink sangatlah penting bagi komputer.

5. Monitor

Monitor

Monitor

Monitor merupakan salah satu perangkat kompute yang termasuk alat output yang berguna untuk menampilkan pengolahan data berupa gambar. Tiap merek monitor masing-masing mempunyai ukuran atau resolusi yang berbeda-beda. Jenis-jenis monitor yang paling mum saat ini adalah monitor cathode ray tube (CRT) dan monitor liquid crystal display (LCD).

6. SSD

SSD

SSD

solid state drive atau bisa disingkat dengan (SSD) merupakan inovasi yang terbaru dari pendahulunya yaitu hard disk. SSD ini adalah alat media penyimpanan yang menggunakan jenis memory solid state untuk penyimpanan datanya. SSD ini juga mempunyai fungsi yang sama persis dengan hard disk, namun sedikit berbeda dengan hard disk.

Perbedaanya adalah pada SSD disimpan pada chip-chip memori flash yang saling berhubungan. Chip-chip ini mempunyai kecepatan dan reliabilitasi yang lebih tinggi dari USB thumb drive (UFD). Dalam segi harga, SSD jauh lebih mahal dibadingkan dengan hard disk meskipun hampir sama fungsinya.

7. VGA Card

VGA Card

VGA Card

VGA atau video graphic adapter merupakan perangkat keras yang berguna sebagai pengolah data grafik yang akan ditampilkan oleh monitor. VGA juga mempunyai processor yang bisa kalian sebut dengan GPU (graphic processing unit). alat yang satu ini biasanya sering dibutuhkan seorang gamer maupun designer.

8. Optical Drive

Optical Drive

Optical Drive

Optical drive merupakan salah satu alat perangkat keras yang berguna sebagai membaca maupun menulis data dari kepingan CD/ DVD. Terdapat juga beberapa jenis optical drive yang harus anda ketahui seperti CD ROM drive, CD RW drive, DVD ROM drive dll.

9. Power Supply

Power Supply

Power Supply

Power supply merupakan perangkat keras yang berguna untuk penyuplai daya ke komponen-kompnen yang lain seperti motherboard, processor, VGA, dll. Power supply juga bsa dikatakan jantung pada komputer, jadi mustahil komputer hidup tanpa perangkat yang satu ini.

10. RAM


RAM atau bisa disebut random acces memory merupakan salah satu alat perangkat keras yang berguna untuk menyimpan data maupun intrksi yang telah dilakukan oleh prossesor. Berbeda dengan hard disk, yang penyimpanan pada ram yang bersifat sementara. Jadi ketika komputer itu dimatikan, data maupun instruksi yang disimpan oleh RAM akan hilang atau kehapus kecuali komputer tersebut dalam mode hibernate.

tags: , ,

Related For Perangkat Keras Komputer Dan Pengertianya