Perangkat Perusak dan Pengintai Komputer

Sunday, June 11th 2017. | Software
Sponsored Links

Dalam system computer terdapat software yang berperan sebagai perangkat perusak dan pengintai Komputer yaitu Spyware. Spyware merupakan program Perangkat pengintai yang mengintai system computer untuk dirusak data-datanya, dan perangkat pengintai jenis ini sendiri juga merupakan istilah atau kata lainnya dari suatu teknologi informasi yang mana mengarah atau mengacu pada sebuah software yang berbentuk perangkat lunak yang dicurigai keberadaannya , yang spyware ini adalah program yang memasang dirinya sendiri ke dalam suatu system computer yang tujuannya sendiri adalah untuk mencuri atau mengambil data pengguna komputer.

Bisa lebih jelasnya Pengertian Spyware merupakan software yang jenis program ini dapat dengan sendirinya menginstal kedalam system operasi computer, yang tujuannya dari program ini adalah untuk membobol atau mencuri data dan juga memantau pemilik atau pengguna komputer tersebut.
Selain itu Spyware juga memiliki sifat sifat/ karakteristik tersendiri yang terdapat dalam dirinya.

Anti Spyware (Pengintai)

Anti Spyware (Pengintai)

Berikut sifat-sifat yang dimiliki program Spyware

  1. Kehadiran atau adanya / dengan keberadaan Spyware itu sangat sulit terdeteksi, akan tetapi terkadang jalannya itu secara bersamaan dimana saat user sedang melakukan download suatu program yang entah itu berjenis freeware ataukan program yang shareware.
  2. Perangkat Spyware juga mengumpulkan suatu informasi yang penting yang dimiliki oleh user, yang kemudian dikirimkannya ke tempat yang lain.
  3. User tidak dapat mengontrol apapun yang berbentuk informasi yang sudah dikumpukan maupun yang dikirimkan oleh Spyware.
  4. Suatu system berjaga atau bisa dibilang system security yang sederhana alias tidak mampu mendeteksi secara detail, itu juga dapat membuat program spyware dapat terhindar dari-nya.
  5. Spyware juga seringkali menimbulkan atau menbuat kerusakan pada suatu dokumen milik user (pengguna), meskipun juga terkadang suka merubah-rubah beberapa data file dalam sistem Windows.
  6. Akan tetapi program Spyware ini tidak melakukan duplikasi ataupun replikasi pada dirinya.
  7. Aktifitas atau pekerjaan yang intensif yang dilakukan oleh spyware itu dapat mengakibatkan terjadinya penyerapan cukup besar pada RAM dan Processor, dan alhasil akibat yang di timbulkan adalah dapat menurunkan performa sebuah system.
  8. Spyware juga mempunyai kemampuan untuk melakukan perubahan pada setting koneksi di internet ataupun di browser, dan akhirnya akibat yang ditimbulkan adalah membuat lambatnya koneksi, dan juga spyware selalu mengarahkan user atau pengguna ke dalam situs – situs tertentu.
  9. Terkadang program spyware ini memiliki atau bahkan membawa suatu fake-software. Nah, tentu saja fake-software ini akan semakin menambah repot user.

Sering kali didalam system computer itu memiliki masalah yang ditimbulkan oleh spyware, dan masalah utama inilah yang sulit dihapus atau di uninstall. Yah, meskipun bisa, tapi itu tidak akan tuntas diprosesnya, maksudnya masih ada atau bahkan meninggalkan banyak sisa dari code pelacak atau tracker code yang ditinggalkan oleh spyware didalam system computer.

Akan tetapi jangan terlalu menghawatirkan keberadaan spyware, karena terdapat beberapa cara untuk melakukan sebuah langkah pencegahan yang dapat dilakukan untuk mencegah perangkat tersebut agar tidak merusak data-data kita termasuk data- data yang penting milik user. Nah, langkah-langkahnya pencegahannya adalah sebagai berikut :

  1. Lakukan penginstalan antivirus

Cara ini sangat efektif dilakukan untuk sebuah pencegahan sejak dini. Dengan cara ini juga untuk user computer dapat melakukan pengangkatan terhadap program-program yang tidak dihendaki.

  1. Melakukan Pembaharuan terhadap antivirus / Memutakhirkan antivirus.

Langkah ini sangatlah penting untuk dilakukan dengan tujuan untuk membaharui data antivirus.

  1. Tampilkan data file atau berkat yang tersembunyi didalam computer.

Langkah ini juga sangat efektif, karena tujuan cara ini agar data atau berkas yang terdeteksi mencurigakan dapat diketahui dan diatasi.

  1. Sediakan program yang bertugas untuk memburu Software beriklan dan juga spyware.

Dengan anda menggunakan program software pemburu tersebut, maka anda akan lebih mudah menangkal datangnya spyware dan adware.

  1. Langkah yang lain bisa dilakukan dengan cara menonaktifkan atau mematikan yang namanya Cookie.

Program yang memiliki peran perusak seperti Spyware memang sangat berbahaya jika didiamkan, spyware adalah program yang sifat, dan fisiknya berbeda dengan virus, karena perangkat ini memang sudah ada dan telah menempel pada system computer, dan hal ini dapat dicegah dengan langkah atau cara yang sudah di terapkan diatas. Maka pencegahan sejak dini memanglah tugas yang penting untuk dilakukan, agar data file atau program yang ada pada computer dapat selalu terjamin aman.

tags: , , , ,

Related For Perangkat Perusak dan Pengintai Komputer