Perbandingan Start Menu Modern Windows 10 vs Start Menu Clasic Windows 7

Monday, July 3rd 2017. | Komputer, Software
Sponsored Links

Para pecinta windows, bersiaplah untuk menyambut keluarga windows yang terbaru yakni windows 10. Keluarga baru dari windows ini meski belum dirilis secara resmi namun sudah menjadi trending topik tentang sistem operasi terkini.

Menjelang sesi perilisanya, seperti biasa Microsoft memberikan link unduh gratis bagi para pengguna komputer yang ingin mencicipi kecanggihan dari windows 10. Melalui windows 10 technical preview, Microsoft memberikan sistem preview dengan tujuan untuk mendapatkan feed back dari developer maupun pengguna awam untuk menyempurnakan bugs dan kendala sistem lainya.

Bagi pengguna komputer yang sudah mencoba sistem operasi windows 10 techincal preview ini, pasti sudah mengetahui dengan jelas bahwa tampilan antar muka dari windows 10 ini berbeda dengan sistem operasi dari keluarga windows pendahulunya. Malah akan jauh berbeda bila kita bandingkan dengan windows 8 maupun windows 8.1.

Namun jika kita lihat lebih jauh lagi, ternyata tampilan start menu modern dari windows 10 techincal preview ini memiliki kemiripan dengan start menu windows 7. Tidak percaya berikut tampilan start menu dari keduanya :

start menu windows 10

start menu windows 10

start menu windows 7

start menu windows 7

Yang membedakan paling jelas dari kedua start screen tersebut adalah pada windows 10 techincal preview desain UI dihadirkan lebih modern dengan menyertakan live tile. Start menu windows 10 ini menggabungkan start menu classic dan start screenya windows 8.1.

Memang bisa dibilang kedua start menu antara windows 10 technical preview dan windows 7 memiliki kemiripan. Selain hadirnya live tile, ada juga yang membedakan keduanya, berikut ulasan selengkapnya :

  1. Tombol power

Tombol power baik untuk shut down, log out, restart, lock keduanya terdapat pada start menu. Namun yang membedakan adalah letaknya. Pada windows 10 tombol power terdapat di bagian atas start menu sedangkan untuk windows 7 terdapat di bagian bawah.

  1. Foto profil

Foto profil pada windows 10 terdapat pada bagian kiri atas sedangkan pada windows 7 terletak di bagian kanan atas.

  1. Customize live tile

Seperti halnya yang sudah dijelaskan di atas, live tile merupakan start screen menu windows 8 yang dihadirkan pada windows 10. Start screen ini sudah pasti tidak terdapat pada windows 7. Pada start menu windows 10 terdapat tombol pilihan untuk melakukan customisasi terhadap tampilan live tile.

  1. App

App merupakan bagian yang istimewa dari keluarga windows yang terbaru. Apps ini terdapat pada start menu windows 10. Pengguna juga bisa menambahkan app dari store yang bisa diakses dengan cepat dari toolbar ataupun dari start menu.

Demikian perbandingan singkat start menu antara windows 10 techincal preview dan windows 7.

Incoming search terms:

  • perbedaan start menu dan start screen
  • tampilan start
tags: , ,

Related For Perbandingan Start Menu Modern Windows 10 vs Start Menu Clasic Windows 7