PERBEDAAN ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTER

Wednesday, February 18th 2015. | Blog
Sponsored Links

Jika oraganisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem computer, dan interkoneksinya jyang mereslisasikan spesifikasi arsitektural.

hardware

Contoh : Teknologi Hardware, perangkat antar muka (interface), teknologi memori, sistem memori dan sinyal-sinyal kontrol.

Sedangkan arsitektur komputer mempelajari atribut-atribut sistem komputeryang terkait dengan seorang progammer, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program.

Contoh : Set intruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme 1/0

*Apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memoti merupakan masalah rancangan arsitektural.* Apakah intruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.

! Arsitektur sama, organisasi dapat berbeda

! Arsitektur bertahan lama, organisasi menyesuaikan perkembangan teknologi artinya Arsitektur komputer dapat bertahan bertahun-tahun tapi organisasi komputer dapat berubah sesuai dengan perkembangan teknologi.

Pabrik komputer memproduksiĀ  sekelompok model komputer, yang memiliki arsitektur sama tapi berbeda dari segi organisasinya yang mengakibatkan harga dan karakteristik unjuk kerja yang berbeda. Contoh :

  • Semua intel family x86 memiliki arsitektur dasar yang sama
  • Family IBM system/ 370 memiliki arsitektur dasar yang sama
  • Organisasi antar versi memiliki perbedaan
  1. Arsitektur komputer berkaitan erat dengan atribut-atribut sebuah sistem yang tampak (Visible) bagi seorang program.

Contoh : Set Intruksi, jumlah bit untuk reprensentasi bermacam jenis data, mekanisme I/O, dan tyeknik-teknik pengalamatan memory.

  • Organisasi komputer berkaitan erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural.

Contoh : Rincian Hardware yang dapat diketahui oleh pemrogram, seperti sinyal kontrol, interface komputer, dan teknologi memori yang digunakan.

ARSITEKTUR KOMPUTER

Dalam bidang teknik komputer, Arsitektur Komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Biasanya mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan eksekusi logis sebuah program.

Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak biru dan diskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang di desain ( kecepatan proses dan sistem koneksinya).

 

struktur

Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biasanya.

Arsitektur Komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori :

  1. Set instruksi (ISA)
  2. Arsitektur mikro dari ISA
  3. Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer.

ORGANISASI KOMPUTER

Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Biasanya mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen-komponen sister komputer.

organisasi

Contoh : Teknologi Hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal kontrol.

Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang progammer. Sebagai contoh, apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme chace adalah kajian organisasional.

Jika organisasi mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer, dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural.

PERBEDAAN UTAMA

Organisasi Komputer :

  • Bagian yang terkait dengan erat fengan unit-unit operasional

Contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal-sinyal control

Arsitektur Komputer :

  • Atribut-atribut komputer yang terkait dengan seorang progammer

Contoh : Set instruksi, aritmatika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O

Incoming search terms:

  • perbedaan organisasi komputer dan arsitektur komputer
  • perbedaan arsitektur dan organisasi komputer
  • perbedaan arsitektur komputer dan organisasi komputer
  • perbedaan arsitektur komputer dengan organisasi komputer
  • perbedaan arkom dan orkom
  • perbedaan arsitektur dengan organisasi komputer beri contoh nya
  • arti Arsitektur sama organisasi dapat berbeda
  • Perbedaan Antara Arkom Dan Orko
  • membedakan pengertian organisasi dengan arsitektur komputer
  • jelaskan perbedaan bentuk organisasi komputer dengan ikterus komputer beri contoh
tags: , ,

Related For PERBEDAAN ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTER