Perbedaan Perangkat Hub dengan Perangkat Switch

Monday, August 7th 2017. | Jaringan
Sponsored Links

Banyak yang mengatakan Hub dan switch perangkat yang sama, padahal cara kerja Hub dan switch jelas – jelas tidak sama. Lebih parahnya banyak yang bilang Hub – switch, seolah – olah Hub – switch itu satu perangkat yang sama. Padahal perangkat Hub merupakan perangkat Hub sendiri dan perangkat switch merupakan perangkat switch sendiri.

perangkat hub dan perangkat switch

perangkat hub dan perangkat switch

Nah, agar kalian tidak salah lagi kali ini saya akan menjelaskan beberapa perbedaan antara perangkat Hub dan perangkat switch.

  • Bidang kerjanya

Perangkat Hub bekerja pada layer pertama OSI biasa di sebut dengan layer physical. Di sini perangkat Hub tidak jauh dengan kabel ataupun sinyal wiFi yaitu hanya menghubungkan data. Sedangkan perangkat switch bekerja pada layer kedua OSI, yang mana perangkat switch ini di bagian data Lin.

  • Cara kerja

Cara kerja yang di miliki oleh perangkat Hub cukup mudah yaitu hanya mengirim dan menerima sinyal – sinyal listrik yang di salurkan melalui kabel. Sedangkan perangkat switch bekerja lebih dari menerima dan mengirmkan sebuah sinyal melainkan harus memproses informasi yang terdapat pada ada Link. Perangkat switch memproses suatu informasi berupa mac address yang terkirim dari perangkat maupun komputer lain. Jadi cara kerja antara dua perangkat (Hub dan switch) ialah lebih simpel dan lebih ringan perangkat Hub.

  • Kehandalan

Sudah terbukti cara kerja yang lebih simpel adalah perangkat Hub namun jika membicarakan tingkat kehandalannya perangkat switch lah yang lebih handal. Karena perangkat switch mempunyai kemampuan yang lebih di banding perangkat Hub, perangkat switch bekerja lebih dari sekedar menerima dan mengirimkan sinyal namun juga memprosesnya, dan yang di proses ialah informasi dari perangkat lain jadi bisa menyeleksi terlebih Adhilu. Nah itulah yang meembuat perangkat switch lebih handal. Jika di banding perangkat Hub ya jauh karena perangkat hub hanya bisa mengirim dan menrima sinyal saja.

  • Kecepatan transfer

Jika membicarakan kecepatan transfer ya pasti lebih cepat perangkat switch lah. Karena perangkat switch menyeleksi terlebih dahulu mac address yang akan di tuju sedangkan perangkat Hub tidak melakukan penyeleksian langsung di kirim dan tidak mengetahui perangkat yang akan di tuju.

  • Pengaturan

Di antara dua perangkat ini yaitu perangkat Hub dan perangkat switch yang bisa di setting ialah perangkat switch, perangkat Hub tidak bisa di setting. Perangkat switch bisa sio setting mana saja komputer yang di izinkan untuk tersambung dan juga bisa membagi menjadi beberapa segmen walaupun toh dalam satu jaringan LAN, ini juga bisa di sebut dengan VLAN atau Virtual LAN.

  • Sistem keamanan

Membicarakan keamanan tetntunya lebih aman Hub, karena yang di kirimkan oleh perangkat Hub di jamin terkirim secara utuh. Berbeda dengan apa yang di kirim oleh perangkat switch, belum tentu utuh sampai tujuan. Ini bukan berarti perangkat switch tidak mampu mengirimkan secara utuh melainkan ada pengecekan mana yang layak untuk di kirim dan mana yang tidak layak untuk di kirim.

  • Harga

Masalah harga tentunya labih mahal perangkat switch, di lihat dari beberapa hal di atas sudah terlihat tentunya.

Itulah 7 perbedaan antara perangkat Hub dan perangkat switch, setelah membaca di atas tentunya kalian sudah mengetahui kan kalau perangkat Hub dan perangkan switch tidaklah sama.

tags: , , ,

Related For Perbedaan Perangkat Hub dengan Perangkat Switch