Perhatikan Adab Dan Etika Dalam Cattingan

Friday, June 10th 2016. | Blog, Internet, Social Media
Sponsored Links

asfff

Selamat berbahagia kawan. Episode saya kali ini akan membahas tentang bagaimana tata cara catting dan perangkatnya. Bagi masyarakat Indonesia catting (mengobrol) sudah menjadi kebutuhan pokok bagi mereka. Tanpa kita sadari kita adalah makluk social yang saling membutuhkan. Maka mengobrol itu, tidak asing lagi di telinga kita. Dalam bahasa internet mengobrol itu adalah catting. Catting bisa dilakukan dengan apa saja, baik dengan teks, lisan, suara, ataupun video. Seperti di dunia nyata, maka catting itu ada tata cara adab nya yang harus dipahami dan dikerjakan. Maka kita, sebagai pengguna internet yang baik harus nmengetahui hal itu, tetapi apabila anda meremehkan etika tersebut maka anda harus siap menerima resiko yang anda lakukan. Bisa saja anda, hanya karena masalah mengobrol bisa menjadikan masalah yang besar, yang sebenarnya tidak harus terjadi.

Dalam hal ini, adab catting di dunia maya akan tetap ada, maka berikut beberapa etika pada saat kita catting dan harus kita pahami dan amalkan :

  1. Ketika kalian ingin memulai sebuah obrolan, maka saat pertama kali kenal dengan seseorang, tentu saja anda harus memprkenalkan diri anda terlebih dahulu. Maka kalian harus bersikap jujur dan jangan berbohong. Kemudian anda tanyakan apa yang menjadi ketertarikan lawan bicara anda. Maka anda memulailah dengan seperti itu. Siapa tau saja dengan anda bersikap seprti itu anda di ajak bekerja sama dan mendapat keuntungan.
  2. Perhatikan, “jangan menggunkan huruf capital”. Karena apabila anda menggunakan huruf capital pada saat menulis dalam dunia maya, berarti anda sedang marah. Maka anda harus perhatikan ini betul-betul, jangan menggunakannya apabila anda tidak sedang mengekspresikan kemarahan anda. Tanpa anda ketahui, bisa saja membuat lawan bicara anda tersinggung, hanya karena penulisan anda.
  3. Yang selanjutnya, apabila anda harus meninggalkan obrolan itu karena ada suatu keperluan yang harus dikerjakan, maka anda harus mengusahakan selalu berpamitan, karena itu mencerminkan sikap menghargai lawan bicara anda. Namun, jika anda meremehkan sikap itu atau keluar begitu saja maka bisa-bisa lawan bicara anda tersinggung.

Sebenarnya , semua etika adab dalam cattingan itu mudah diamalkan bagi kalian, tapi kebanyakan orang masih ada yang meremehkanya. Padahal mereka lawan bicara kita, sebenarnya sama dengan kita. Semua orang juga ingin didengarkan, ingin berteman dan juga ingin di hargai.

Media Yang Digunakan Untuk Catting

Semua, obrolan itu selalu ada media atau perantaranya. Dalam dunia maya, juga sama memerlukan media atau biasa disebut perantara. Maka disini ada beberapa software yang digunakan untuk catting, diantaranya :

  • Yahoo Messenger

Software ini sangat familiar pada saat tahun 2004 ke atas. Bahkan sampai sekarang ini juga masih ada orang yang banyak memakainya. Saratnya anda harus memiliki akun email di yahoo, apabila anda sudah memilikinya maka anda dapat menggunakanya dalam yahoo !! messenger. Kemudian, dengan itu anda dapat mengobrol sepuasnya lewat yahoo !! messenger. Tidak hanya satu lawan satu, tetapi anda dapat juga digunakan secara keroyokan atau banyak orang.

  • Google Talk

Yang selanjutnya, yaitu google talk. Google talk merupakan suatu layanan catting yang belakangan ini hadir dan bisanya dikenal dengan G-mail atau google +. Dengan ini anda tidak perlu mengisntal software secara kusus, karena ini beda dengan yahoo ! messenger. Ketika ada teman anda yang sedang membuka akun Gmail sama dengan anda, anda juga dapat cattingan lewat itu. Yang lebih kerenya lagi, ketika obrolan anda terputus anda akan mendapat rekaman obrolan anda. Saat ini hanya bisa menggunakan google + yaitu dengan menggunakan fitur hangout.

  • Facebook

Media social ini sangat populer dikalangan para remaja. Mungkin kita sudah tau semuanya tentang facebook. Facebook juga bisa untuk chattingan, bahkan anda bisa mengobrol yang sifatnya pribadi.

Waww! Gimana, kurang jelas tidak. Ya, cukup segini dulu saja postingan saya kali ini. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cattingan
tags: , , , , , ,

Related For Perhatikan Adab Dan Etika Dalam Cattingan