Perhitungkan Jarak Server Jika Ingin Situs Web Lebih Cepat

Wednesday, November 9th 2016. | Internet
Sponsored Links

Pernahkah kamu membuka suatu situs tapi terbukanya sangat lama sekali, padahal kecepatan koneksi internet sudah cukup bagus? Apakah karena bandwidth situs web tersebut yang kecil atau karena apa?

Jika kamu pernah mengalami hal di atas, entah kamu sebagai pemilik situs tersebut atau kamu sebagai pengakses situs tersebut? Masalah tersebut sebenarnya bukan saja mengacu pada besar kecilnya bandwidth.1431051dondyb780x390

Menurut General Manager Infinys Dondy Bappedyanto, jika menginginkan situs web berjalan cepat maka soal jarak juga penting untuk diperhitungkan. Jadi biarpun bandwidthnya diperbesar seperti kebanyakan pendapat orang selama ini jika bandwidth besar maka situs web juga akan semakin cepat menurut Dondy itu tidak akan banyak berpengaruh.

Menurutnya, Bandwidth itu ibaratkan sebuah jalan raya dan konten yang ada di situs web kita itu adalah tempat tujuanya. Jadi biarpun jalan rayanya besar tapi apabila tempat tujuanya jauh maka besar atau kecil jalan tersebut juga tidak akan berpengaruh. Paling cuma trafiknya saja yang lancar. Adapun jarak ke tempa tujuanya tetap saja jauh. Inilah kemudian yang menyebabkan situs web kita walaupun diperbesar bandwidthnya tetap akan berjalan lambat jika server kontenya terletak jauh dari si pengakses.

Dondy selanjutnya memberikan contoh server konten web terletak di Negara lain sedangkan si pengakses berada di Indonesia. semisal servernya ada di singapura, maka dari Indonesia ke singapura harus melewati 10 router dulu supaya bisa sampai ke sana. Atau misal jika servernya terletak di amerika maka harus melewati 20 router dulu supaya bisa sampai kesana.

Dari uraian Dondy Bappedyanto tersebut, maka pembuat situs web mestinya harus lebih mementingkan letak server konten ketimbang memperbesar bandwidth jika ingin situs webnya berjalan cepat. Coba kamu bayangkan target pengunjug situs anda adalah di Indonesia tapi kamu meletakan servermu di new jersey, amerika serikat. Maka orang tersebut harus melewati sekian router dulu untuk bisa menjangkau konten yang kamu pasang. Coba jika kamu meletakan server kontenmu di Indonesia, maka hanya perlu melewati 5 router saja sehingga situs web kamu akan lebih cepat.

tags: , ,

Related For Perhitungkan Jarak Server Jika Ingin Situs Web Lebih Cepat