Peripheral Untuk Media Penyimpanan Komputer Part 2

Friday, April 14th 2017. | Aksesoris, Hardware
Sponsored Links

Konten kali ini adalah lanjutan dari konten dengan judul “Peripheral Untuk Media Penyimpanan Komputer Part 1”. Pada konten tersebut sudah disebutkan sebuah peripheral storage Hard Disk Drive atau biasa disingkat Hard Drive atau HDD. Dimana HDD ini adalah tempat semua file, data-data bahkan semua program komputer tersimpan. Media penyimpanan yang digunakan adalah berupa cakram magnetic. Cakram ini terbuat dari kaca atau alumuinium yang pada permukaanya dipoles dengan magnet sehingga permukaanya nampak mengkilap seperti cermin.

Ada beberapa jenis disk drive yang popular dikalangan pengguna komputer. Jenis yang pertama adalah ATA dan yang kedua adalah SATA. Jenis SATA adalah yang paling banyak digunakan saat ini karena SATA ini memilliki kecepatan yang lebih tinggi bila dibanding dengan ATA selain itu SATA juga sangat handal untuk multi tasking.

Hard Disk Drive merupakan peripheral utama yang wajib ada bagi komputer. Keberadaanya harus selalu terpasang di dalam komputer. Apabila dilepas dari komputer maka otomatis komputer tidak akan bisa bekerja karena semua sistem dan data tersimpan didalamnya. Namun ada juga Disk Drive yang bisa dilepas pasang dengan mudah pada komputer. Disk Drive ini disebut juga Hardisk Eksternal (EHD) ada juga yang menyebutnya portable.

hardisk eksternal

hardisk eksternal

Pada prinsipnya hardisk eksternal ini juga memililki fungsi yang sama dengan Hardisk Drive. Hal yang membedakanya hanya pada penempatan. Jika Hard Disk Drive ditempatkan dibagian dalam komputer maka Hardisk Eksternal ini ditempatkan diluar dan sifatnya plug and play. Maksudnya plug and play disini adalah hardisk eksternal ini bisa dipasang lepas begitu saja tanpa mengganggu sistem operasi komputer. Jadi sifatnya yang portable ini lebih dimungkinkan untuk tempat penyimpanan data saja. Biasanya portable ini sebagai Drive tambahan karena Drive penyimpanan pada komputer sudah mencapai batas penyimpanan maksimumnya.

Hardisk eksternal ini menggunakan sambungan USB untuk menghubungkanya ke komputer. jadi ketika ditancapkan ke komputer hardisk eksternal ini akan dibaca sebagai removable device. Terdapat dua ukuran dari hardisk eksternal, ada yang berukuran 2,5 inchi ada pula yang berukuran 3,5 inch. Dan untuk kapasitas penyimpanan tidak jauh beda dengan hardisk drive pada umumnya.

Selain disk drive diatas, masih terdapat peripheral storage yang lainya. Ingin tahu apa saja peripheral storage yang lain yang akan dibahas pada konten komputerlamongan.com berikutnya. Ikuti terus konten lanjutanya dengan judul “Peripheral Untuk Media Penyimpanan Komputer Part 3”.

tags: , ,

Related For Peripheral Untuk Media Penyimpanan Komputer Part 2