Peripheral Untuk Media Penyimpanan Komputer Part 3

Sunday, June 11th 2017. | Aksesoris, Hardware, Komputer
Sponsored Links

Peripheral storage atau perangkat yang digunakan sebagai media penyimpanan file atau data komputer yang lain adalah CD atau DVD. CD merupakan singkatan dari Compact Disk. CD merupakan sebuah piringan dari jenis piringan optic yang dapat menyimpan data. Kapasitas ukuran data yang bisa disimpan oleh CD ini adalah 700 MB.

Di zaman saat ini CD masih sangat sering digunakan. Khususnya pada industry music. Dimana music hasil rekaman akan di promosikan dan diluncurkan ke masyarakat biasanya berbentuk kepingan CD. Dikemas dalam paket atau cover yang menarik juga akan menambah daya pikat pembelian CD.

CD saat ini harganya juga termasuk murah. Jika membeli dalam bentuk kepingan atau bijian harga dipasaran berkisar antara Rp.2000 – Rp.3000. jika hanya untuk menyimpan file dalam ukuran yang tidak begitu besar maka CD ini lebih dipilih ketimbang media penyimpanan yang lain yang harganya lebih mahal. Biasanya pekerja kantoran dan pengajar juga masih sering menggunakan CD ini sebagai media penyimpanan mereka mengingat data yang mereka simpan biasanya hanya berupa word atau file foto yang masih sanggup disimpan pada CD.

Dari segi kecanggihan yang dibawa, CD dapat dikategorikan menjadi dua macam:

CD

CD R atau CD read only adalah CD yang fungsinya hanya digunakan untuk membaca saja file yang ada pada CD. Meskipun demikian, CD ini juga bisa digunakan untuk menulis atau menyimpan data namun hanya sekali saja tidak bisa digunakan lebih dari itu. Jika CD sudah berisikan atau sudah tersimpan data didalamnya maka secara otomatis kompter tidak akan bisa merewrite data baru ke dalam CD tersebut.

CD R ini lazim kita temui pada CD player seperti film atau music. Atau kita juga biasa menemukanya pada CD game atau software. Namun pada beberapa CD yang dikeluarkan oleh perusahaan ternama baik yang bergerak dibidang industry music, film, game maupun software biasanya memberikan proteksi sehingga data yang ada pada CD tidak mudah di copy.

CD R

CD R

Pada CD R, jika anda perhatikan dengan teliti akan terdapat andaka yang disertai dengan huruf “X” yang menunjukan kemampuan kecepatan membaca dari CD tersebut contohnya 56X.

CD RW

CD RW biasa disebut juga dengan CD Read and Write adalah kepingan CD yang dapat digunakan menulis sekaligus membaca. Jadi CD RW ini memiliki kemampuan untuk menulis kembali data walaupun sebelumnya sudah ada data yang tersimpan. Namun kelemahan dari CD RW ini tidak bisa digunakan berkali-kali untuk menulis. Biasanya bila sudah digunakan menulis lebih dari dua atau tiga kali goresan yang tersimpan pada lapisan optiknya akan mengalami goresan yang cukup parah hal ini akan menyebabkan kegagalan pada penyimpanan berikutnya dan bahkan tidak bisa digunakan untuk membaca. jika hal ini sudah terjadi maka langkah terakhir adalah harus menggantinya dengan yang baru. kelemahan lain adalah harga CD RW ini lebih mahal dari pada CD R.

CD RW

CD RW

Meskipun demikian, CD RW ini lebih unggul dari pada CD R karena apabila terjadi kesalahan pada penyimpanan CD RW masih bisa ditulis ulang sedangkan pada CD R apabila terjadi kesalahan pada penulisan maka harus diganti lagi dengan CD yang baru.

DVD

DVD merupakan perkembangan yang lebih lanjut dari CD, mengingat kemampuan CD dalam menyimpan data yang terbatas maka diciptakanlah DVD yang memiliki kemampuan menyimpan data yang lebih besar. DVD mampu menyimpan data hingga ukuran Gigabyte. Ada DVD yang memiliki kemampuan penyimpanan 4Gb, 8 Gb hingga bahkan 16Gb.

DVD-RW

DVD-RW

Fungsi dari DVD ini sama dengan CD, yang membedakan antara keduanya hanyalah pada kemampuan menyimpan datanya. Selain itu harga juga membedakan antara mereka. Harga DVD bisa dua kali lipat lebih mahal daripada CD. Jenis dari DVD juga sama dari CD. Ada DVD R ada juga DVD RW.

CD dan DVD sebagai media penyimpanan juga sudah tergeserkan dengan peripheral storage lain seperti USB flashdik. Ingin tahu seperti apa sosok dari USB Flashdisk ini? jangan bosan-bosan ikuti terus lanjutanya pada konten yang berikutnya dengan judul “Peripheral Untuk Media Penyimpanan Komputer Part 4”

tags: , ,

Related For Peripheral Untuk Media Penyimpanan Komputer Part 3