Peripheral Untuk Media Penyimpanan Komputer Part 4

Saturday, August 20th 2016. | Aksesoris, Hardware, Komputer
Sponsored Links

Salah satu peripheral storage yang menjadi salah media penyimpanan yang favorite adalah USB Flashdisk. Yah, media storage yang satu ini memiliki bentuk yang bervariasi ada yang berukuran kecil hingga ada juga yang berbentuk seperti akesoris seperti tokoh kartun atau anime. Keunikan dari penampilan peripheral ini menjadi daya tarik lain untuk memilikinya.

flashdisk

flashdisk karakter

Pada umumnya flashdisk ini berbentuk stick USB sehingga sangat mudah dan praktis dalam menggunakanya. Dengan cara plug and play USB flashdisk ini siap digunakan untuk menyimpan maupun memindah data dengan mudah. Media penyimpanan USB Flashdik ini berjenis non volatile yang berarti tidak memerlukan daya listrik untuk menyimpan data. Berbeda dengan RAM yang memerlukan daya listrik agar dapat menyimpan data. Begitu sumber daya terputus maka data tidak akan tersimpan pada RAM. Berbeda dengan flash disk ketika data sudah disimpan kemudian dilepas dari port usbnya maka data yang ada pada flashdisk masih akan tersimpan. Data bisa dihapus atau hilang apabila penggunanya sendiri yang menghapusnya atau karena ada virus yang menghapus datanya.

contoh beberapa ukuran kapasitas flashdisk

contoh beberapa ukuran kapasitas flashdisk

Flashdisk juga memiliki ukuran atau kapasitas penyimpanan yang beragam mulai dari 1 GB, 2GB, 4GB hingga yang diatasnya. Kelebihan flashdisk jika dibandingkan dengan CD atau DVD dan eksternal HD adalah ukuranya yang lebih kecil, ringan dan praktis untuk dibawa kemana-mana. Harga yang lebih murah daripada eksternal HD juga menjadi keunggulan lain dari Flashdisk ini. Selain itu kemampuan untuk membaca menulis juga lebih baik dari pada CD atau DVD. Meskipun digunakan untuk membaca dan menulis berkali-kali flashdisk masih bisa digunakan tanpa halangan.

Flashdisk juga bisa digunakan untuk media install ulang operating sistem. Namun untuk bisa menggunakanya sebagai media install ulang os maka diperlukan sebuah software seperti wintoflash. Proses install ulang yang menggunakan flashdisk juga bisa jauh lebih cepat dibandingkan dengan install ulang menggunakan CD atau DVD. Hal ini karena kecepatan membaca flashdisk lebih cepat dibandingkan dengan CD atau DVD.

Teknologi yang diusung flashdisk ini, saat ini telah berkembangan lebih maju lagi bahkan kini media penyimpanan komputer atau laptop sudah digeser dengan teknologi SSD yang merupakan flash drive yang memiliki cara kerja yang sama dengan USB Flashdisk.

tags: , ,

Related For Peripheral Untuk Media Penyimpanan Komputer Part 4