Pertarungan sesepuh XP dan si bau kencur 8.1

Saturday, August 26th 2017. | Blog, Komputer, Software
Sponsored Links

Sebagian besar pengguna komputer di tiap belahan bumi ini masih menggunakan sistem operasi windows xp. Perusahaan–perusahaan besar yang menggunakan komputer sebagai alat operasionalnya masih menjalankan sistem operasi ini. Bahkan di dunia perbankan pun sistem operasi ini masih dipertahankan. Mungkin alasan kenyamanan dan ekonomislah yang masih menjadi pertimbangan untuk mengupgrade dengan sistem operasi yang terbaru. Untuk harga sebuah sistem operasi windows xp saja masih kisaran 70$ bahkan mungkin harganya berbeda di tiap negaranya. Jika di perusahaan tersebut terdapat ratusan bahkan ribuan unit komputer maka tinggal di kalikan saja berapa budget yang harus di keluarkan oleh tiap perusahaan hanya untuk biaya upgrade dengan sistem operasi yang baru.

Sistem operasi windows xp merupakan sistem operasi yang sukses dipasaran. Sistem ini ringan dan tangguh untuk komputer dengan spek yang rendah. Semua program atau aplikasi juga support dengan sistem operasi ini. Namun pada tahun 2013 lalu sistem operasi ini sudah tidak di support lagi oleh Microsoft. Akibatnya sistem ini sekarang rawan diserang oleh virus, malware, dan berbagai macam hal yang bisa mengancam keamanan sistem operasi. Dan ini akan sangat bahaya sekali bagi data-data privasi yang bisa di intai oleh pihak asing yang tidak inginkan. Begitu malangnya nasip sesepuh xp yang sudah berhasil mendunia dan hampir dipakai oleh semua pengguna komputer namun kini sudah dilupakan oleh penciptanya dengan tidak ada support lagi yang diberikan.

xp vs 8

xp vs 8

Hal ini kontras sekali dengan nasib si bau kencur windows 8. Sistem operasi keluaran baru dari ini mendapatkan dukungan penuh dari Microsoft. Bahkan di masa uci coba windows 8 consumer preview, sistem operasi ini di download lebih dari satu juta orang setiap harinya. Dan pada pertengahan tahun lalu akhirnya sistem operasi windows 8 secara resmi pertama kali di luncurkan dan antusias dari para pengguna komputer juga sangat tinggi ingin segera mencicipi sistem operasi ini. Walaupun di banderol dengan harga yang cukup tinggi namun rating penjualan sistem operasi ini tidak kalah dari sesepuhnya windows xp. Bahkan dari data terakhir yang di release oleh Microsoft pengguna windows 8 sudah melewati angka penjualan dari windows xp.

Dukungan penuh dan promo-promo yang dilakukan oleh Microsoft terhadap windows 8 semakin mendongkrak angka penjualan dari sistem operasi ini. Dengan disematkanya wndows store dan banyaknya aplikasi gratis yang diberikan semakin membuat pengguna windows xp ingin hijrah ke windows 8. Namun kritik dan saran yang banyak masuk terhadap sistem operasi ini, tak lantas membuat angka penjualanya menurun. Dan untuk menjawab setiap kritikan dari para penggunanya beberapa bulan ini Microsoft kembali merilis sistem operasinya yang terbaru diberi nama windows 8.1.

Secara keseluruhan memang tidak terdapat banyak perbedaan antara windows 8 dan windows 8.1. Perbedaan yang jelas bisa dilihat adalah pada windows 8.1 ini adalah Microsoft kembali menghadirkan tombol start pada taskbarnya. Tampilan menu start up juga sudah lebih nyaman karena bisa di atur dan tidak lagi menajdi satu menu start yang panjang seperti pada seri windows 8 sebelumnya.

Jika sistem operasi ini di sandingkan dengan windows xp, tentu sang sesepuh yang satu ini akan terlihat kalah telak. Apalagi saat ini semua vendor-vendor game ternama yang berkualitas 3D mewajibkan sistem operasi minimal windows 7 dan yang paling dianjurkan adalah windows 8. Dari kualitas gambar dan tampilan windows 8 memang lebih unggul. Namun keunggulan windows 8 ini juga harus di support dengan spek yang tinggi. Jika spek komputer tidak mencukupi otomatis sistem operasi ini juga tidak akan berjalan denan normal. Bahkan bisa-bisa membahayakan komputer itu sendiri. Jadi untuk komputer dengan spek yang rendah windows xp adalah juaranya. Kalau dilihat dari segi keamanan windows xp masih rawan terserang oleh virus, malware, Trojan dan lain sebagianya. Sedang pada windows 8 dengan adanya windows defender yang terbaru dan selalu mendapatkan support dari Microsoft tentu sistem operasi ini akan lebih aman. Berikut perbandingan lengkap windows xp dan windows 8.1 yang dikutip dari situs resmi Microsoft:

Perbandingan Windows XP dan Windows 8.1

Windows XP Windows 8.1
The familiar desktop        v         v
Works with a mouse and keyboard        v         v
Works with Word, Excel, Outlook, and other familiar programs        v         v
Built for touch PCs and tablets         v
Apps from the Windows Store         v
Mail, People, and other built-in apps         v
Keep your settings and apps on all your PCs and devices         v
Bing smart search to find things across the web, apps, and your PC         v
Start screen with live updates         v
Faster startup times         v

Incoming search terms:

  • bau kencur blogger
tags: , ,

Related For Pertarungan sesepuh XP dan si bau kencur 8.1