Pertolongan Pertama Pada Flashdisk Keremdem Air (P3FKA)

Monday, February 9th 2015. | Tutorial
Sponsored Links
flashdisk keremdem air

flashdisk keremdem air

Media penyimpanan komputer saat ini beraneka ragam. Ada yang terpasang di dalam komputer atau biasa disebut memori internal adapula yang terpasang diluar komputer atau biasa disebut eksternal. Portable merupakan istilah yang sering dipakai untuk memori yang terpasang diluar atau eksternal.

USB flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan yang paling sering digunakan oleh pengguna komputer. USB flashdisk merupakan media penyimpanan yang berbentuk flash memori. Memori jenis ini berbeda dengan memori RAM yang mana pada memori RAM akan dapat menyimpan data pada saat ada aliran listrik yang masuk. Ketika aliran listriknya terputus maka memori yang tersimpan akan hilang.

Flashdisk dapat menyimpan data meskipun aliran listrik sudah terputus. Data – data yang sudah tersimpan tidak akan hilang tidak seperti pada RAM. Selain itu, flashdisk yang berbentuk stick leibh mudah dibawa dan juga lebih awet daripada media penyimpanan yang terbuat dari cakram magnetic.

Flashdisk yang lebih praktis, awet, mudah disimpan dan harganya terjangkau menjadikan banyak pengguna komputer lebih suka menggunakan flashdisk. Namun karena berbagai kelebihanya itulah, terkadang pengguna juga lalai untuk menyimpan dan merawat flashdisknya. Contoh kasus yang paling sering terjadi adalah banyak pengguna flashdisk yang lupa menaruh flashdisk di kantong baju atau celana kemudian terendam air saat akan dicuci.

Nah, kalau sudah terjadi seperti ini pengguna sendiri terkadang yang dibuat kewalahan untuk mengatasinya. Mereka takut kalau flashdisk akan rusak kalau digunakan.

Bagi pengguna komputer yang mengalami hal demikian tidak perlu khawatir, berikut ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memberikan pertolongan pertama pada flashdisk keremdam air:

  1. Jangan menghubungkan flashdisk yang masih dalam keadaan basah ke dalam port USB komputer

Flashdisk yang masih basah, jika dihubungkan langsung ke port USB komputer dapat menimbulkan konsleting pada komponen elektronik yang ada di dalam flashdisk. Listrik statis dapat merusak setiap komponen, yang menyebabkan flashdisk rusak. Jika hal demikian terjadi, maka pengguna harus membeli lagi dengan flashdisk yang baru.

  1. Buka chasing flashdisk

Membuka chasing flashdisk akan membantu mempercepat proses pengeringan flashdisk yang basah. Namun pada beberapa flashdisk tertentu, ada juga flashdisk yang susah dibuka chasingnya. Jika pengguna mampu membukanya sebaiknya jangan dilakukan karena malah bisa membuat parah kerusakan yang terjadi.

  1. Keringkan flashdisk dibawah matahari atau pakai alat pengering

Setelah berhasil membuak chasing luarnya, mengeringkan flashdisk dengan cara dijemur di bawah terik matahari atau dengan bantuan alat pengering dapat mempercepat proses pengeringan flashdisk. Dengan cara ini flashdisk bisa lebih cepat kering dan bisa segera dipakai.

  1. Jika pengguna sudah yakin flashdisk benar – benar dalam keadaan kering, pasang kembali chasing yang dilepas dan flashdisk siap untuk digunakan.
  2. Selamat mencoba.

Incoming search terms:

  • apakah flashdisk yang tercuci akan rusak
  • apa flesdis kecuci isinya apa hilang
  • flash disk yang tercuci
  • flasdish yang kecuci apakah akan rusak dan file di dalamnya akankah hilang
  • flaah terendam apa data hilang
  • cara memperbaiki plasdis tercuci
  • cara memperbaiki flashdisk yang tercuci
  • cara memperbaiki flash dish toshiba yang tercuci
  • bisakah memori internal di selamatkan jika kena air
  • bagaimana cara mengatasi flashdisk ikut tercuci
tags: , ,

Related For Pertolongan Pertama Pada Flashdisk Keremdem Air (P3FKA)