Pilih Antivirus atau Internet Security?

Monday, December 1st 2014. | Software
Sponsored Links

Pengalaman bagi komputernya yang sudah pernah terinfeksi virus terkadanag bikan galau untuk memilih anti virus yang handal untuk melindungi komputernnya. Antivirus seyogyanya harus ikut terpasang pada semua perangkat yang selalu terkoneksi dengan perangkat lain ataupun dengan internet. Bisa dikatakan antivirus ini adalah tameng yang melindungi keamanan data pada komputer dari ancaman program-program jahat yang bersifat merugikan korbanya. Pada beberapa operating sistem, antivirus ini juga sudah disematkan di dalamnya sebagai fitur tambahan yang berfungsi untuk memproteksi dirinya. Seperti pada Windows 8 ataupun Windows 8.1, sudah terdapat antivirus bawaan yang cukup handal.

Kehandalan suatu antivirus selain didasarkan pada engine yang dibawanya juga dipengaruhi oleh pembaharuan data yang dilakukan oleh pembuatnya. Misal ada sebuah antivirus yang dikeluarkan oleh perushaan dan sudah diakui kehandalanya namun produk yang dikeluarkan itu sudah lewat beberapa bulan dan selama masa beberapa bulan itu antivirus tidak pernah di perbarui maka antivirus tersebut tidak akan mampu untuk mengatasi jenis virus terbaru yang muncul akhir-akhir ini. Bisa jadi antivirus tersebut malah menjadi sarang yang nyaman untuk virus dalam bertempat tinggal di dalam komputer.

Sekarang ini banyak sekali macam dari antivirus. Salah satu contoh antivirus yang terkenal adalah Norton. Antivirus ini memiliki tiga jenis produk yang berbeda baik dari fitur maupun harganya. Yang pertama Norton antivirus, yang kedua Norton Internet Security dan yang ketiga adalah Norton 360. Dari ketiga versi antivirus tersebut masing-masing memiliki kelebihanya sendiri. namun pada tulisan kali ini hanya akan dibahas mengenai Norton Antivirus dan Norton Internet Security.

Sebelum membahas tentang Norton lebih lanjut, patut kita ketahui sebelumnya bahwa Norton ini merupakan produk yang dibuat oleh Symantec salah satu perusahaan antivirus terbesar dari Amerika. Produk buatan Symantec ini terkenal ahli dalam mengatasi virus. Di lab mereka, terdapat para pakar peneliti yang ahli dibidang keamanan. Para peneliti keamanan ini selalu memonitoring setiap perkembangan semua jenis malware,seperti virus ,spyware ,root kit ,worm dan banyak lagi. Antivirus yang mereka buat juga bisa diperbarui setiap saat sehingga keamanan data personal lebih terjamin. Untuk bisa melakukan pembaruan ini diperlukan koneksi internet antara komputer personal dengan server dari Symantec.

Kembali ke pokok pembahasan, Norton Antivirus merupakan produk keamanan yang paling dasar yang dikeluarkan oleh Symantec. Walaupun produk dengan keamanan paling dasar namun Norton antivirus ini cukup tangguh untuk mengenali semua jenis virus, malware, root kit, worm dan masih banyak lagi. Norton antivirus ini bisa berjalan pada sistem operasi windows. Pengguna komputer juga bisa menyandingkan Norton Antivirus ini dengan Windows Firewall.

Lalu apakah perbedaan Norton Antivirus dengan Norton Internet Security? Atau apakah Norton Internet Security ini hanya untuk perlindungan saat berselanjar di internet saja? Mungkin itulah beberapa pertanyaan bagi yang belum pernah mencoba menggunakan antivirus ini. Menilik dari kata Internet Security bukan berarti antivirus ini hanya untuk perlindungan saat berinternet saja namun Norton internet security ini malah memiliki semua fitur dari Norton Antivirus. Selain itu Norton Internet Security ini juga masih memiliki banyak fitur yang lain. Berikut akan diulas secara singkat fitur-fitur yang terdapat pada Norton Internet Security.

  1. Firewall; firewall adalah fitur yang paling membedakan antara Norton Antivirus dan Norton Internet Security. Norton Antivirus tidak memiliki firewall jadi dia harus disandingkan dengan firewallnya windows untuk mencegah serangan dari para hacker.
  2. Identity Protection; fitur ini melindungi anda dari pencurian identitas anda yang dilakukan oleh hacker di internet. Terkadang saat anda mengunjungi suatu web yang seakan itu merupakan web yang asli namun sebenarnya web itu merupakan web palsu yang dibuat oleh hacker kemudian anda diminta untuk memasukan data pribadi maka di fitur ini terdapat fitur yang namanya Filter phishing yang akan memberi peringatan kepada anda akan adanya ancaman dan potensi bahaya.
  3. Norton Identity Safe; fitur ini melindungi username dan password ketika anda login ke suatu halaman website
  4. Norton Safe Web; fitur ini bisa muncul sendiri pada mesin pencari dan menampilkan situs yang akan dibuka merupakan situs yang aman atau tidak untuk dikunjungi. Jadi pengguna bisa mengetahui tingkat keamanan untuk mengunjungi suatu situs. Kemudian bisa memutuskan untuk tetap melanjutkan atau tidak mengunjungi situs tersebut.
  5. Antispam; fitur ini melindungi anda saat menggunakan Microsoft Outlook untuk berkirim email. Namun fitur ini tidak bekerja pada email yang berbasis online karena biasanya pada email yang berbasis online seperti pada Gmail dan Yahoo mail fitur anti spam sudah tersedia didalamnya.
  6. Parental Controls Management; fitur ini sangat berguna sekali bagi orang tua dalam mengwasi anak-ananknya saat mereka menggunakan internet. Orang tua bisa mengontrol situs-situs yang bisa dikunjungi oleh anak-anaknya. Jadi bagi para orang tua bisa merasa lebih tenang saat anak-anaknya menggunakan internet.
Perbandingan Norton Antivirus dan Internet Security

Perbandingan Norton Antivirus dan Internet Security

Begitu banyak fitur tambahan yang dibawakan oleh Norton internet security dari pada Norton antivirus. Perbedaan fitur yang dibawanya inilah juga yang mempengaruhi harga dari kedua produk tersebut. Disitus resminya, Norton antivirus dibanderol dengan harga $22,99 sedangkan Norton internet security dibanderol dengan harga $29,99. Kalau merujuk pada judul diatas maka dapat disimpulkan noroton internet security lebih unggul daripada Norton antivirus karena Norton Internet Security memiliki semua fitur yang dimiliki oleh Norton antivirus.

tags: , ,

Related For Pilih Antivirus atau Internet Security?