Pinter Milih Printer

Thursday, February 16th 2017. | Aksesoris, Blog, Komputer
Sponsored Links

Begitu banyak merk dan tipe printer yang beredar saat ini. Begitu pula dengan fitur yang dibawanya. Pada awalnya printer hanya digunakan untuk mencetak hasil tulisan yang diolah dari komputer. dengan menghubungkanya ke komputer hasil tulisan tersebut bisa dipindahkan dari layar ke media kertas. Namun saat ini printer sudah memiliki fitur-fitur terbaru baik untuk meningkatkan kualitas hasil cetakan maupun fitur kemudahan yang lainya.

Mengenai kualitas hasil cetakan dari printer sangat dipengaruhi oleh resolusi. Resolusi pada printer disebut dpi atau dot per inch maksudnya adalah banyaknya jumlah titik atau dot dalam luas area 1 inch. Semakin tinggi resolusinya maka hasil cetakanya juga akan semakin bagus. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah resolusinya maka hasil cetakanya juga tidak akan bagus. Istilah resolusi ini dekat kaitanya dengan pixel. Misal anda memiliki gambar 1 dengan resolusi 250 x 250 dan gambar 2 dengan resolusi 500 x 500. Maka gambar 2 apabila dicetak hasilnya akan lebih bagus daripada gambar 1.

Namun tidak semua printer memiliki kualitas pencetakan yang sama. Hal ini juga dipengaruhi oleh jenis printer yang digunakan untuk mencetak. Printer dibedakan menjadi tiga macam yaitu printer dot matrik , printer inkject dan yang terakhir adalah printer laser jet. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang perbedaan masing-masing tipe diatas akan diulas pada konten dibawah ini.

Printer dot matrik

Dot Metrik

Dot Metrik

Printer dot matrik ini merupakan printer yang menggunakan pita sebagai media pencetaknya. Cetakan yang dihasilkan akan terlihat seperti titik-titik yang saling menghubungkan satu dengan yang lainya. Pada awalnya printer dot metric ini menggunakan 9 pin yang artinya dalam satu huruf yang dicetak merupakan kombinasi dari 9 titik. kemudian printer ini mengalami perkembangan dengan menggunakan 24 pin. Cetakan yang dihasilkan dari printer ini kurang begitu bagus dan juga kurang halus.

Printer inkjet

inkjet

inkjet

Printer inkjet merupakan printer yang menggunakan tinta untuk mencetak. Kelebihan dari printer ini adalah hasil cetakan lebih bagus daripada printer dot metric. Ada dua jenis tinta yang digunakan pada printer ini. Jenis tinta yang pertama adalah tinta dye. Hasil cetakan yang dihasilkan dari tinta dye sangat bagus namun cepat luntur dan kurang tahan terhadap perubahan cuaca. Jenis tinta kedua adalah tinta pigmen. Jenis tinta pigmen ini tidak mudah luntur, tidak cepat memudar meskipun terkena sinar matahari dan juga waktu pengeringan lebih cepat dari pada tinta dye. Namun kelemahanya adalah hasil cetakan dari tinta pigmen ini tidak sebagus tinta dye.

Printer Laser Jet

laser jet

laser jet

Printer laser jet ini menggunakan tinta bubuk atau disebut juga toner sebagai media pencetaknya. Kualitas hasil cetakanya lebih bagus dari pada kedua jenis printer diatas, printer dot metric dan printer inkjet. Hasil cetakanya lebih cepat kering dan bisa mencetak lebih cepat daripada printer inkjet. Printer laser ini bisa juga digunakan untuk mencetak pada kertas karkil atau kertas transparan yang biasanya digunakan untuk membuat sablon manual.

Itulah sedikit ulasan tentang jenis-jenis printer. Nah sekarang anda bisa menentukan jenis printer yang seperti apa yang sesuai dengan pilihan anda. Setelah anda mengetahui kelebihan masing-masing dari printer sekarang anda bisa lebih pinter untuk memilih printer.

tags: , , ,

Related For Pinter Milih Printer