Pinter vs Mesin Fotokopi

Tuesday, December 9th 2014. | Blog
Sponsored Links

Komputer bisa menjadi partner kerja yang dinamis. Bekerja dengan menggunakan komputer akan membuat pekerjaan lebih cepat dan mudah. Apalagi untuk urusan komputasi di perkantoran, komputer memegang peranan yang dominan. Kebutuhan untuk menulis dan mencetak laporan lebih mudah daripada menggunakan mesin ketik tradisional. Untuk bisa mencetak hasil tulisan di komputer adalah dengan menggunakan printer.

Printer adalah slah satu hardware komputer yang digunakan untuk mencetak tulisan, gambar, ataupun foto ke media kertas. Cara kerja printer ini seperti mesin foto kopi. Mereka sama-sama bisa mencetak tulisan atau gambar ke media kertas. Lalu apakah perbedaan printer dan mesin fotokopi? Terdapat beberapa perbedaan dari keduanya, perbedaan yang pertama adalah mesin fotokopi saat ini hanya mampu mencetak warna hitam putih saja, kalaupun ada yang bisa mencetak warna hasilnya tidak akan seperti yang dihasilkan oleh printer. Perbedaan yang kedua adalah mesin fotocopy terdapat scanner sehingga untuk mencetak tinggal menaruh lembar yang ingin diperbanyak diatas scannernya setelah itu secara otomatis mesin akan mencetak tanpa harus melakukan ketik manual.

Pada beberapa printer belum memiliki scanner sehingga apabila ingin mencetak hasil tulisan ataupun gambar maka harus dilakukan pengolahan data dulu di komputer kemudian hasilnya baru bisa dicetak melalui printer. Namun kebanyakan printer saat ini sudah ada juga yang memiliki fitur scanner sehingga printer tersebut bisa dioperasikan layaknya mesin fotokopi.

printer vs copier

printer vs copier

Perbedaan yang paling mencolok dari keduanya adalah harga. Jika harga printer hanya sekitar 500 ribuan maka harga mesin fotokopi bisa mencapai harga puluhan juta rupiah. Untuk printer yang sudah memiliki fitur untuk foto kopi atau scanner harganya saat ini sekitar 700 ribuan.

Kelebihan dari printer adalah bentuknya lebih kecil sehingga mudah untuk ditaruh dimana saja. Bisa ditaruh diatas meja ataupun ditempat lain. Kualitas hasil cetakan dari printer juga lebih bagus warna bisa diatur sesuka hati. Untuk printer modifikasi, pengisian tinta juga lebih mudah karena tinggal membuka penutup tintanya dan bisa diisi ulang dengan suntikanya.

Namun printer ini juga memiliki kelemahan seperti cardridge yang tidak bisa bertahan lama. Pada umumnya cardridge yang khusus untuk warna hitam ini hanya mampu untuk mencetak sampai 2000-3000 lembar. Namun untuk cardridge warna biasanya dibawah 2000 lembar. Harga cardridge saat ini juga tergolong cukup mahal. Satu cardridge harganya dipasaran sekitar 250 ribu.

Mesin fotokopi memilliki kelebihan bisa mencetak hasil yang lebih banyak daripada printer. Jika digunakan untuk usaha percetakan, mesin fotokopi ini lebih cocok dan lebih handal dalam pencetakan.

Kelemahan dari mesin fotokopi ini adalah bentuknya yang begitu besar. selain itu daya listrik yang dibutuhkan untuk menjalankanya lebih tinggi daripada printer.

Nah itulah sedikit perbandingan antara printer dan mesin fotokopi. Fungsi dari keduanya sama namun ada kelebihan dari printer yang tidak dimiliki oleh mesin fotokopi. Begitu pula ada kelebihan dari mesin fotokopi yang tidak dimiliki oleh printer.

Incoming search terms:

  • perbedaan scanner dan mesin fotocopy
  • perbedaan mesin fotocopy dan printer
  • perbedaan print dan fotocopy
  • apa perbedaan print dan foto copy
  • apa bedanya fotocopy frinter dengan fotocopy biasa
  • Perbedaan print copy sama print biasa
  • perbedaan print dan forocopy
  • perbedaan print one copy
  • perbedaan printer laser dengan fotocopy digital
  • persamaan dan perbedaan mesin fotocopy dan printer
tags: , , ,

Related For Pinter vs Mesin Fotokopi